Gotong Royong Gelar Pelatihan Entaskan Kemiskinan Ekstrim

Yovie Wicaksono - 27 June 2022

SR, Situbondo – Anggota DPRD Kabupaten Situbondo, Albertus Rudi Afianto mendedikasikan pokok-pokok pikiran (Pokir)  pengentasan kemiskinan ekstrim (KE) dengan cara menggelar pelatihan-pelatihan kepada masyarakat. 

Dalam hal ini, pria yang juga menjabat sebagai Dewan Pembina Pemuda Katolik Jawa Timur ini, bekerjasama dengan seluruh pihak dengan dinas terkait di wilayah setempat. 

“Kami tentu ingin tingkat kemiskinan mengalami penurunan. Untuk itu, kerjasama diperlukan dalam hal ini,” ujar Rudi, Senin (27/6/2022).

Untuk pelatihan ini, Gereja Katolik Maria Bintang Samudera memfasilitasinya. Pastor  Hugo Yakobus Susdiyanto, O.Carm mengatakan, melalui kegiatan ini, pihaknya ingin meningkatkan forum silaturahmi sekaligus meningkatkan kapasitas sumber daya masyarakat dalam percepatan pengentasan kemiskinan ekstrim.

“Kami sediakan ruang dan peserta juga ada yang dari umat Katolik,” terangnya.

Adapun pelatihan yang digelar hari ini adalah olahan makanan dan aneka kue.

Hadir juga dalam acara ini, Kepala Diskoperindag Kab. Situbondo, Kapolsek Situbondo, Camat Situbondo dan Lurah Patokan.

Sekadar informasi, saat ini Pemda Situbondo  bekerja keras dalam melaksanakan perintah Presiden tentang Tingkat Kemiskinan Ekstrem (KE) di tahun 2024 harus nol. 

Untuk itulah, di  bawah komando Bappeda selaku Sekretariat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), mereka melaksanakannya dengan  berbasis data (by name, by address by NIK, by case penyebab kemiskinannya). 

Saat ini,  Kabupaten Situbondo sendiri memiliki 29.510 jiwa dengan kriteria kemiskinan ekstrim (KE) dengan permasalahannya masing-masing. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.