BPS dan DP3AK Jatim Koordinasikan Data Kinerja Kesetaraan Gender dan Anak

Yovie Wicaksono - 3 February 2022

SR, Surabaya – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur bersama BPS berkoordinasi terkait data capaian Kinerja Kesetaraan Gender dan Anak di Jatim. 

Data itu antara lain, Indeks Pembangunan Gender (IPG), Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) dan Indikator Perlindungan Anak (IPA), serta berdikusi terkait indikator-indikator pendukung indikator.

Kepala DP3AK Provinsi Jatim, Restu Novi Widiani, saat di kantor BPS, Rabu (2/2/2022) menyampaikan keinginannya memahami apa saja indikator pendukung IPG dan IDG, agar dapat didorong menjadi kinerja yang optimal di Jawa Timur.

Menurutnya, masih banyak yang harus diupayakan dengan melihat isu-isu perempuan dalam kesehatan, pendidikan, dan ketenagakerjaan yang sudah seharusnya dioptimalkan untuk mendukung IPM , IPG dan IDG.

Hal ini merupakan kerja lintas sektor dan lintas bidang. Pemahaman tentang isu gender semua harus dikaitkan dengan indikator pendukung. Dengan demikian Perencanaan, Penganggaran Responsif Gender (PPRG) yang disusun perangkat daerah bisa fokus mendukung kinerja Indikator-indikator tersebut.

Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan mengatakan, capaian Kinerja Kesetaraan Gender Jatim atau IPG tahun 2020 baru merangkak naik 0.01. Sementara untuk  IDG Jawa Timur masih 2,54 atau di bawah capaian Nasional.

Dadang menjelaskan secara detil bagaimana memperoleh data dan menghitung indikator-indikator tersebut, yang juga merupakan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Daerah (IKD). (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.