Gempa 7.4 SR di Banten, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

Yovie Wicaksono - 2 August 2019
Ilustrasi Gempa. Foto : (Istimewa)

SR, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Banten, Bengkulu, Jawa Barat dan Lampung, menyusul adanya gempa magnitudo 7.4 yang terjadi pada Jumat (2/8/2019) malam, pukul 19.03 WIB, dengan pusat gempa di 147 km Barat Daya Sumur, Banten, dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa dirasakan kuat selama 5 detik di Jakarta gedung BNPB lantai 11, sedangkan di Kabupaten Pandeglang, Banten, gempa terasa kuat selama 5-10 detik.

Saat ini, BPBD Provinsi Banten sedang berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten/Kota.

Melansir inatews.bmkg.go.id berdasarkan pemodelan, daerah yang berpotensi tsunami dengan status SIAGA yakni Pandeglang bagian selatan (Banten), Pandeglang Pulau Panaitan (Banten), dan Lampung barat pesisir selatan (Lampung).

Sedangkan wilayah yang berpotensi tsunami dengan status WASPADA yakni Pandeglang bagian utara (Banten), Lebak (Banten), Tanggamus Pulau Tabuan (Lampung), Sukabumi Ujung-Genteng (Jawa Barat), Tanggamus bagian timur (Lampung), Lampung selatan Kep. Krakatau (Lampung), Lampung selatan Kep. Legundi (Lampung), Lampung barat pesisir tengah (Lampung), Lampung barat pesisir utara (Lampung), Bengkulu Utara Pulau Enggano (Bengkulu), Lampung Selatan Kep. Sebuku (Lampung), Bengkulu Selatan, Serang bagian barat (Banten) dan Seluma (Bengkulu).

BMKG mengimbau pemerintah provinsi/kab/kota yang berada pada status SIAGA untuk memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evaluasi. Sedangkan untuk status WASPADA untuk memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.