Erupsi Semeru, Baguna Jatim Kirim Tim dan Buka Dapur Umum

Yovie Wicaksono - 5 December 2022

SR, Surabaya – Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno menginstruksikan kepada jajaran Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD Jatim dan DPC segera mendirikan posko siaga bencana pasca erupsi Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) pagi.

“Baguna DPD PDI Perjuangan Jawa Timur besok akan berangkat menuju Lumajang melaksanakan instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri. Untuk secara cepat dan tanggap membantu masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” kata Untari di Surabaya, Minggu (4/11/2022).

Gerak cepat (gercep) DPD Jatim juga dilakukan dengan menginstruksikan kepada DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lumajang dan Malang segera membuka posko siaga bencana erupsi Gunung Semeru.

Informasi yang dihimpun, Gunung Semeru mengalami erupsi dan mulai memuntahkan awan panas guguran (APG) sejak Minggu (4/12/2022) pukul 02.46 dini hari dan statusnya naik menjadi level IV (awas). 

Oleh sebab itu, DPD PDI Perjuangan Jatim, sebut Untari, secara cepat memberikan arahan kepada jajaran DPC dan Baguna agar segera membuka dapur umum, untuk mendistribusikan kebutuhan keseharian warga.

“Nantinya, seluruh penyaluran bantuan logistik akan kita pusatkan dahulu melalui dapur umum. Sebagai langkah awal untuk memastikan kebutuhan pangan masyarakat di lokasi pengungsian tercukupi,” tuturnya.

Disamping itu, imbuhnya, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto telah menginstruksikan kepada jajaran anggota DPR RI dari dapil setempat untuk turut membantu proses pendirian posko siaga bencana yang dilakukan Baguna Jatim.

“Kita berdoa semoga semua masyarakat di area Lereng Gunung Semeru semuanya selamat dan dengan penuh kesabaran bisa mengikuti semua anjuran pemerintah untuk keselamatan kita bersama,” ucap Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Baguna DPD PDI Perjuangan Jatim, Bayu Utoro mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi untuk mempersiapkan posko di kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Instruksi awal kami akan mendirikan dapur umum. Untuk titiknya, kami koordinasi dengan DPC PDI Perjuangan Lumajang,” kata Bayu.

Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) tersebut menuturkan, personel Baguna PDI Perjuangan Jatim telah terlatih, sehingga kapan saja siap turun membantu dalam penanganan berbagai jenis bencana. (*/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.