Deputi Bidkor Kamtibmas : Pengamanan Pembukaan Peparnas XVI di Papua Berjalan Lancar

Yovie Wicaksono - 5 November 2021
Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam, Irjen Pol. Armed Wijaya. Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jayapura – Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam, Irjen Pol. Armed Wijaya menyatakan bahwa pengamanan pelaksanaan pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 di Provinsi Papua berjalan lancar. Dikatakan, baik dari pengunjung, serta lalulintas, semua berjalan dengan tertib. 

“Pengamanan cukup bagus. Jika dilihat dari hasil pemantauan kita semua lancar, lalu lintas lancar, pengunjung tertib, undangan juga semua tertib,” ujar Armed Wijaya saat memantau pengamanan pelaksanaan pembukaan Peparnas, Jumat (5/11/2021) malam. 

Selain itu, menurut Armed, protokol kesehatan juga berjalan dengan baik. Setiap pengunjung yang hadir wajib melakukan tes swab baik PCR ataupun antigen. “Prokes bagus, para undangan semua pakai masker dan yang masuk sudah di swab antigen dan tidak terlalu berdesak-desakkan baik di dalam maupun di luar,” katanya. 

Menurut Armed, semua yang ada sekarang baik dari sistem pengamanan yang dilakukan Paspampres, Kepolisian, serta strategi-strategi pembatasan jalur lalu lintas tetap saja dilaksanakan seperti pembukaan. 

“Kita harapkan pengamanan tetap jadi fokus, jangan lengah, kemudian protokol kesehatannya dijaga. Kedua faktor ini penting sampai nanti dengan penutupan selesai,” kata Armed.  

Peparnas XVI tahun 2021 ini langsung dibuka oleh Wakil Presiden KH. Ma’aruf Amin. Dalam sambutannya, ia menyatakan bahwa Peparnas merupakan ajang untuk mendobrak batas diri sebagai pemenang. Dikatakan,  Peparnas bukan sekedar kompetisi olahraga tapi pembuktian adanya semangat kesetaraan dan kesamaan bagi semua. 

“Mari kita rayakan dalam semangat persaudaraan bersama anak bangsa sesuai semboyan Sehati Mencapai Tujuan, Ciptakan Prestasi,” katanya. 

Wapres Ma’aruf Amin mengatakan,  sebagai bentuk komitmen pemerintah nantinya penutupan Peparnas akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo. 

“Meskipun banyak tantangan, masyarakat Papua yg sa (saya) sayang telah berhasil menyiapkan venue tempat pertandingan. Saudara-saudara adalah inspirasi dan energi bagi sesama bangsa negara, saudara-saudara adalah obor yang menyalakan semangat untuk meraih prestasi dan pantang menyerah, sukses menanti kalian semua,” kata Ma’aruf Amin. 

Pembukaan Peparnas XVI diisi oleh sejumlah musisi asal Papua dan Anggun C. Sasmi. Selain diisi oleh atraksi drone sebanyak lebih dari 500 buah serta kembang api. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.