Covid-19, Surabaya Siapkan Dua Gedung untuk Isolasi

Yovie Wicaksono - 27 June 2021
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Foto : (Humas Pemkot Surabaya)

SR,Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menambah dua gedung isolasi di Hotel Asrama Haji bagi masyarakat yang terpapar Covid-19. Penambahan ini bertujuan untuk orang tanpa gejala (OTG), sekaligus mengurangi beban di rumah sakit, sehingga bisa untuk mereka yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, dua gedung tersebut bisa menampung 160 hingga 200 warga. “Di IGD masih banyak yang antre, tidak bisa masuk RS, makanya yang OTG bisa di Asrama Haji. Jika di RS kalau membaik, bisa pindah ke Asrama Haji,” ujarnya, Minggu (27/6/2021).

Dijelaskan, saat ini warga yang dirawat dan isolasi di Hotel Asrama Haji hingga 13.00 WIB, sudah mencapai 480 orang. “Insya Allah yang ada di Asrama Haji cepat sembuh, karena OTG 3-4 hari sudah sembuh ya. Di RS butuh waktu lama mungkin,” tambahnya.

Ia juga berharap kepada warga untuk terus meningkatkan kewaspadaannya. Apabila ada yang merasa tidak nyaman dengan badannya, untuk segera periksa.

Saat ini, kata Eri, kasus Covid-19 banyak ditemukan dari satu keluarga. Bukan hanya satu anggota keluarga saja, melainkan pada semua orang yang tinggal dalam satu atap.

“Ada orang biasanya bilang “wis gapapa aku kumpul keluarga”. Saya ini kalau ada orang yang kena Covid-19 tapi masih pengen di rumah, kan kasihan orang tua, keluarga dan istrinya. Ini dijaga. Betapa menyesalnya nanti ketika kita menularkan ke orang yang kita cintai. Di Surabaya ini sekarang satu keluarga yang kena, kalau dulu ibunya saja atau bapaknya saja, tapi kalau sekarang dengan varian baru beda,” tegasnya.

Sekedar informasi, dari laman lawancovid-19.surabaya.go.id hingga 20.53 WIB, tercatat 25.279 warga terkonfirmasi Covid-19. Dari jumlah itu, 23.295 dinyatakan sembuh, 491 menjalani perawatan dan 1.393 meninggal dunia. (ng/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.