15 Daerah di Jatim Jadi Zona Orange. Daerah Mana Saja?

Yovie Wicaksono - 13 August 2021
Ilustrasi obat Covid-19. (Pixabay)

SR,Surabaya – Lima belas daerah di Jawa Timur saat ini sudah berubah menjadi zona orange dalam peta sebaran Covid-19. Sehingga tersisa 23 daerah berstatus zona merah dari 38 kabupaten/kota.

Lima belas daerah yang sudah berstatus zona orange, adalah Trenggalek,Kota Pasuruan, Bojonegoro, Sumenep,Mojokerto, Lamongan, Pasuruan, Tuban, Kota Surabaya,Bangkalan,Bondowoso, Sampang, Situbondo, Kota Blitar, dan Kota Mojokerto.

Sedangkan daerah yang masih berstatus zona merah, yakni Ponorogo, Kediri, Kota Batu, Madiun, Malang, Sidoarjo, Banyuwangi, Kota Kediri, Lumajang, Jember, Magetan, Nganjuk, Probolinggo, Jombang, Blitar, Gresik, Pacitan, Tulungagung, Kota Malang, Kota Probolinggo,Pamekasan, Ngawi, dan Kota Madiun.

Hingga Jumat (13/8/2021), kasus Covid-19 aktif di Jatim tercatat sebanyak 37.706. Pasien Covid-19 yang sembuh di Jatim sebanyak 290.756. Sementara angka kematian dalam kasus Covid-19 di Jatim sebanyak 24.619.

Berdasarkan data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur periode 3 Juli – 11 Agustus Agustus 2021, menyebutkan, data terakhir bed occupancy rate (BOR) ICU rumah sakit sudah turun sebesar 6 persen, yakni dari 78 persen menjadi 72 persen.

Sedangkan BOR isolasi rumah sakit turun sebesar 26 persen, atau dari 81 persen menjadi 55 persen. Untuk BOR isolasi Rumah Sakit Darurat turun sebesar 20 persen atau dari 69 persen menjadi 49 persen. Dan untuk BOR RS rumah Isolasi turun 15 persen atau dai 50 persen menjadi 35 persen.

Angka tersebut menunjukkan, terjadi penurunan BOR Covid-19 baik dari RS Statis, RS Darurat Covid-19, maupun Rumah Isolasi setelah PPKM Darurat.

Di beberapa kesempatan, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengingatkan masyarakat agar tetap waspada. Karena pelandaian ini bukan berarti Covid-19 telah selesai.

“Tetaplah waspada, tetap melakukan mitigasi dengan seksama,” tuturnya.(*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.