Catat! Tiga Hal Utama yang Harus Disiapkan Sebelum Mencari Kerja

Yovie Wicaksono - 2 September 2021
Ilustrasi. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Proses mencari kerja memang bukan hal yang mudah dan sering menimbulkan rasa stress tersendiri. Client Success Senior Associate of Kalibr Indonesia, Deviana Kurniawati mengatakan, terdapat tiga hal utama yang harus disiapkan sebelum mencari kerja. 

Ketiganya yaitu what I know, what I do, and what I do to win. Yang dimaksud dengan what I know adalah mengetahui tujuan atau motivasi dalam mencari pekerjaan. Tujuan tersebut bisa meliputi pengalaman, pendapatan, mendapatkan validasi dari orang lain, atau hanya sekadar karena tekanan dari orang sekitar.

“Kalau mau kerja tekankan dulu tujuannya apa, lakukan identifikasi sebelum berkarir! Semua motivasi itu valid, tidak ada yang benar atau salah karena situasi yang dihadapi setiap orang tentu tidak sama,” terangnya.

Langkah kedua menurut perempuan yang biasa disapa Devi itu adalah what I do atau mulai melakukan proses pencarian kerja. Ada dua hal yang bisa dilakukan pada tahap tersebut. Pertama yaitu melakukan riset terhadap peran atau posisi dan perusahaan yang diinginkan. 

Dalam hal ini, Devi menekankan agar para pencari kerja tidak hanya sekadar melamar tetapi juga harus memerhatikan apakah posisi yang akan dilamar sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman, dan motivasinya di awal atau tidak.

“Kalau sudah melakukan riset, selanjutnya adalah mencari pekerjaan. Kalian bisa mencari info lowongan melalui website perusahaan, Universitas’ Career Center, Job Portal, sosial media, atau cara lainnya,” jelas Devi.

Terkait dengan what I do to win, menurut Devi ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan saat lolos ke tahap wawancara. Dia menyebutkan ada tiga momen yang sangat krusial dalam sesi wawancara, yakni kesan pertama, cara menunjukkan kelemahan diri, dan tahap terakhir saat pemberi pekerjaan menanyakan pada kita ‘apakah ada pertanyaan?’.

“Ketiga momen itu adalah yang terpenting. Kalian harus benar-benar mempersiapkan diri, penampilan, dan mendapatkan wawasan tentang keterampilan, pengalaman, kepribadian kandidat,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.