Begini Cara Mengembangkan Bisnis Franchise

Yovie Wicaksono - 23 March 2022

SR, Jakarta – Dalam menjalankan sebuah sistem usaha waralaba atau bisnis franchise, dibutuhkan seorang mentor sebagai tempat untuk menambah ilmu pengetahuan. Karena dalam berbisnis, ilmu dan pengalaman merupakan faktor utama agar tetap bertahan dan berkembang.

“Kalau ingin bisnisnya berkembang harus punya mentor, kalau bisa mentornya yang lebih senior atau satu level di atas kita,” kata Dewan Pembina UMKM Depok, Rudi Palinggoman Sinurat dalam diskusi daring dengan tema Prospek dan Pengembangan Bisnis Franchise, Rabu (23/3/2022). 

Menurutnya, peran mentor sangat penting dalam mengembangkan bisnis franchise. “Kita butuh seseorang yang bisa diajak untuk bertukar pikiran, mentor ini penting, tapi juga yang memiliki pemikiran sama dengan kita. Kalau misalnya mentornya sudah kaya raya, maka pemikirannya akan berbeda. Sehingga mentor ini harus yang sesuai dengan level kita,” kata Rudi.

Ia mengatakan, ada beberapa syarat untuk menjalankan bisnis kuliner, yaitu harus memiliki produk yang diterima pasar. Kemudian, ada pasar yang dapat menjual produk. 

“Setelah ada produk dan pasar, yang lainnya yaitu harus ada legalitas dan sertifikasi,” katanya.  

Untuk mengembangkan usaha, lanjut Rudi, juga ada beberapa hal yaitu harus memiliki cabang, lisensi,  reseller, kemitraan, dan terakhir waralaba. 

Waralaba sendiri, merupakan perjanjian kerjasama yang mengikat kedua belah pihak, dimana pihak kedua mendapatkan hak untuk menggunakan kekayaan intelektual termasuk menjual barang dan jasa, dengan memberi imbalan kepada pihak pertama berdasarkan perjanjian.

“Misalnya saya punya kekayaan intelektual yaitu Tahu Taisi dan itu sudah didaftarkan di Kemenkumham namanya HAKI, artinya itu hak punya saya. Orang lain kalau mau menggunakan itu silahkan izin dulu,” katanya.

Menurut Rudi, di setiap bisnis itu ada levelnya. Namun keyakinan, kreativitas dan mental kuat harus diutamakan dalam menjalankan bisnis ini. 

“Tidak ada usaha yang sia-sia. Dalam menjalankan bisnis terus belajar merupakan kunci untuk kita,” katanya. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.