KJRI Perth Distribusikan Paket Ketupat Lebaran Komplit untuk WNI

Yovie Wicaksono - 24 May 2020
KJRI Perth siapkan paket Ketupat Lebaran Komplit untuk WNI di Perth, Australia. Foto : (Kemlu)

SR, Perth – Dalam rangka menyongsong Hari Raya Idulfitri 1441 H, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Perth mendistribusikan paket Ketupat Lebaran Komplit kepada para warga negara Indonesia (WNI) di hari-hari akhir bulan suci Ramadan. 

Sajian khas Lebaran berupa rendang daging sapi, ayam goreng, sambal goreng hati, serta kari sayur berikut aneka makanan ringan pendampingnya, melengkapi perayaan disempurnakannya Ibadah Puasa yang telah dijalani selama satu bulan di kediaman masing-masing dengan menerapkan anjuran stay at home

“Menghadirkan suasana Lebaran sembari mengikuti anjuran untuk social distancing/physical distancing, merupakan suatu kekhidmatan tersendiri bagi Perwakilan RI di Australia Barat untuk berbagi kasih dalam bentuk paket makanan kepada warga negara Indonesia yang saat ini jauh dari keluarga dan Tanah Air,” ujar Konjen Indonesia di Perth, Dewi Gustina Tobing.

Pembagian paket Ketupat Lebaran Komplit kali ini diprioritaskan kepada kalangan mahasiswa Indonesia dan WNI pemegang Working Holiday Visa (WHV), serta kalangan warga Indonesia lainnya yang terdampak virus corona (Covid-19).

“Lebaran kali ini meskipun kita lalui dalam keprihatinan di tengah suasana pandemi, harus tetap bermakna, hangat, dan penuh kebahagiaan,” ujarnya.

Ia mengatakan, berbagi kegembiraan di tengah pandemi ini diharapkan dapat menyapa bukan hanya warga penerima, namun juga keluarga WNI di Indonesia, karena meskipun berjauhan dengan keluarga di Tanah Air, anggota keluarga mereka di Australia Barat ternyata juga dapat mencicipi suasana Lebaran dengan menu khas Nusantara. 

Inisiatif KJRI Perth melalui pembagian paket Ketupat Lebaran Komplit ini merupakan salah satu manifestasi kehadiran negara dalam mengayomi masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada.

“Sekaligus, hal ini merupakan manifestasi komitmen dan pelayanan kepada masyarakat Indonesia yang saat ini berdomisili di Australia Barat,” imbuhnya.

Dewi bersama dengan segenap staf dan unsur pelaksana di KJRI Perth dibantu masyarakat berbagi peran dalam penyiapan dan pendistribusian paket ke beberapa titik. Kegiatan pendistribusian ini turut menggandeng mahasiswa dan komunitas Indonesia di Australia Barat. Penyaluran paket Ketupat Lebaran Komplit berlangsung lancar dan tertib, dalam suasana kekeluargaan.

Mekanisme penyaluran dilaksanakan dengan berbagai mekanisme. Antara lain, dengan format drive-thru dimotori oleh mahasiswa Indonesia yang terhimpun dalam PPIA dan mengambil tempat di depan kantor KJRI Perth – 134 Adelaide Terrace. 

Di lain tempat, KJRI Perth menggandeng komunitas Karyawan Indonesia di Perth Australia Barat (KIPAS) untuk mendistribusikan paket buka puasa lewat Masjid Al Latief kepada umat Muslim yang berdomisili di sekitar wilayah Cannington, Langford, dan sekitarnya.

Hingga penutupan kegiatan, tercatat tak kurang dari 400 paket Ketupat Lebaran Komplit dibagikan kepada para penerima. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.