Alokasi Pilbup 2020 Kabupaten Kediri Disetujui

Yovie Wicaksono - 29 August 2019
Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidatul Umah. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Pengajuan alokasi anggaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri sebesar Rp 16,7 Miliar untuk dana pelaksanaan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kediri tahun 2020 mendatang, mendapat persetujuan dari Badan Anggaran Keuangan (Banggar) DPRD.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidatul Umah mengatakan, setelah mendapat persetujuan pencairan anggaran tersebut selanjutnya dibagi dalam dua termin.  Pencairan tahap pertama pada tahun 2019 sebesar Rp 6,7 Miliar. Selanjutnya memasuki tahun 2020 kembali bisa dicairkan Rp 10 miliar.

“Kita mengajukan ke Pemerintah Kabupaten itu Rp 16,7 Miliar. Alhamdulillah ini sudah didok, nanti untuk tahap anggarannya di tahun 2019 Rp 6,7 Miliar. Selebihnya yang Rp 10 miliar nantinya dianggarkan pada tahun 2020,” ujarnya pada Rabu (28/8/2019).

Nilai anggaran yang telah disetujui tersebut, sesuai dengan standar Bawaslu RI, kemudian muncul angka nominal tersebut.

Anggaran dana sebesar itu, nantinya dipergunakan untuk mendukung tugas Bawaslu Kabupaten Kediri selaku lembaga Pengawas Pemilu, mulai dari proses awal tahapan rekrutmen pengawas di tingkat kecamatan, Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan pengawas tempat pemungutan suara (TPS) ada didalamnya.

“Jelas itu untuk support kita pada proses, tugas pengawasan. Mulai dari proses untuk awal tahapan rekrutmen pengawas kecamatan, PPD dan pengawas TPS ada didalamnya. Terus untuk operasional, antisipasi dimana ada tugas-tugas pengawasan dan sebagainya,” imbuhnya.

Selain itu, Bawaslu Kabupaten Kediri juga butuh sosialisasi agar segala kegiatan yang dilakukan  nantinya dapat dicover atau di publish ke media, dengan maksud agar banyak diketahui oleh masyarakat.

“Pasti sosialisasi ada, karena evaluasi yang kemarin bahwa Bawaslu kurang publishnya. Harapnya seperti itu, tentu support anggaran juga diperlukan,” katanya.

Alokasi anggaran Bawaslu Kabupaten Kediri pada  pelaksanaan Pemilihan Bupati 2020 tahun ini, lebih besar jika dibandingkan tahun 2015 lalu yang hanya Rp 10 miliar.

Sekedar informasi, pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri akan mulai dilakukan pada September 2019 mendatang. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.