Aglomerasi Jabodetabek dan Surabaya Raya Kembali Turun ke PPKM Level 2

Yovie Wicaksono - 7 March 2022
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa - Bali, Luhut Binsar Panjaitan. Foto : (Super Radio)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, saat ini wilayah aglomerasi Jabodetabek dan Surabaya Raya kembali turun ke pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2, setelah sempat melaksanakan PPKM level 3.

Luhut mengatakan, hal ini seiring dengan situasi perbaikan situasi pandemi Covid-19 yang semakin membaik.

“Seiring dengan perbaikan situasi pandemi Covid-19 yang semakin hari semakin membaik, maka sejumlah kabupaten kota yang kembali masuk ke level 2 meningkat cukup signifikan,” kata Luhut saat Konferensi Pers secara virtual, Senin (7/3/2022).

“Saat ini aglomerasi Jabodetabek dan Surabaya Raya kembali masuk ke level 2 dikarenakan penurunan kasus konfirmasi harian dan juga rawat inap rumah sakit,” sambung Luhut.

Sementara itu, Luhut mengatakan perpanjangan PPKM level kabupaten dan kota akan tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang akan keluar hari ini.

“Terkait detail informasi ini akan tertuang dalam Inmendagri yang keluar hari ini,” bebernya.

Luhut juga mengatakan, kondisi tren konfirmasi harian Covid-19 di seluruh Jawa-Bali juga membaik.

“Secara khusus perlu kami informasikan, bahwa kondisi tren kasus konfirmasi harian terjadi di seluruh provinsi di Jawa dan Bali. Bahkan, rawat inap di Rumah Sakit seluruh provinsi Jawa dan Bali juga telah menurun terkecuali DIY. Namun DIY kami perkirakan akan turun dalam berapa hari kedepan ini,” tuturnya.

“Selain itu, dalam berapa hari terakhir jumlah kematian di Provinsi DKI Jakarta, Bali dan Banten telah mengalami penurunan. Dan kami memprediksi dalam waktu dekat provinsi lain akan mengalami penurunan. Mengingat kasus kematian adalah indikator,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.