68 Relawan Asal AS Edukasi Masyarakat Indonesia Bahasa Inggris 

Yovie Wicaksono - 3 December 2019
Pelepasan 68 relawan di gedung Sport Center IAIN Kediri. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Sebanyak 68 relawan asal Amerika Serikat (AS) diproyeksikan untuk mengajar bahasa Inggris kepada masyarakat Indonesia yang ada  di berbagai daerah. Para relawan ini ditempatkan di Lembaga Pendidikan yang tersebar di Jawa Timur, Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Rinciannya, relawan yang ditempatkan di Jawa Timur sebanyak 30 orang, Jawa Barat 29 orang dan Nusa Tenggara Timur 8 orang. Di Indonesia mereka akan menjalani masa tugas selama 24 bulan.

Kelompok relawan yang didominasi anak muda asal Amerika Serikat ini, disebut Peace Corps. Mereka adalah angkatan ke 13. Acara  Pelepasan 68 relawan tersebut dilaksanakan di gedung Sport Center IAIN Kediri. Kegiatan ini sekaligus menandai hubungan Diplomatik antara  Pemerintah Indonesia dengan Amerika Serikat yang sudah berlangsung selama 70 tahun.

“Memperkuat ikatan antara rakyat Amerika Serikat dengan rakyat Indonesia adalah salah satu prioritas utama saya sebagai duta besar. Itulah sebabnya saya sangat senang bahwa kamu memiliki sekelompok orang berbakat dan termotivasi untuk mewakili Peace Corps dan bekerja dengan Peace Corps, untuk memperluas ikatan ini,” ujar Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Joseph R. Donovan Jr. pada Senin (2/12/2019).

Sebelum diterjunkan ke sekolah lokal dan Madrasah, para relawan ini terlebih dahulu harus  menekuni belajar bahasa Indonesia. Selain itu mereka diharapkan juga bisa beradaptasi tentang budaya, kebiasaan masyarakat lokal selama 10 Minggu di Kediri. Nantinya mereka akan menetap di rumah warga dan memiliki orang tua asuh di sana.

Sementara itu, Director Peace Corps Indonesia Jennifer Goette Country mengatakan, selain mengajar bersama di kelas, para sukarelawan ini telah menjangkau ribuan siswa melalui kegiatan sekunder seperti kelas bahasa Inggris informal, klub dan banyak lagi .

“Kami sangat senang, dengan sekelompok relawan baru ini, untuk terus memperluas hubungan orang ke orang dan pemahaman budaya dalam kemitraan dengan komunitas mereka di Seluruh Indonesia,” ujarnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.