Waspada, Ada Akun Facebook Palsu Eri Cahyadi

Yovie Wicaksono - 21 February 2021
Akun Facebook Palsu Eri Cahyadi. Foto : (Super Radio)

SR, Surabaya – Juru Bicara Tim Pemenangan Eri-Armuji, Aprizaldi memastikan jika akun Facebook bernama Eri Cahyadi yang menawarkan pinjaman wirausaha dari koperasi adalah akun palsu.

“Kami telah mendapat informasi bahwa ada pesan di Facebook yang mengatasnamakan Mas Eri Cahyadi. Pesan tersebut menawarkan program pinjaman modal wirausaha bunga 0 persen, kerjasama antara pemerintah dengan Koperasi Sinarmas. Biaya angsuran 50 persen per bulan dibantu pemerintah. Jelas pesan ini adalah pesan penipuan. Mas Eri tidak pernah membuat pesan tersebut,” ujarnya, Sabtu (20/2/2021).

Aprizaldi mengatakan, akun palsu tersebut menyebutkan bahwa orang yang ingin mendapat pinjaman lewat koperasi tersebut diharuskan mengirim fotokopi KTP dan KK. Lantaran KTP dan KK termasuk data administratif kependudukan yang bersifat personal, menurutnya hal tersebut rawan untuk disalahgunakan.

“Seperti digunakan untuk meminjam pinjaman online yang hanya butuh fotokopi KTP dan KK. Ini kan sangat bahaya,” katanya.

Aprizaldi mengatakan, beruntung modus penipuan di Facebook itu diketahui lebih awal oleh tim. “Ada beberapa warga yang tanya langsung ke tim kami, sehingga kami bisa merespons lebih cepat agar tak ada penipuan,” kata pria yang akrab disapa Aldi ini.

Ia menambahkan, selama ini Eri Cahyadi tidak pernah memiliki akun personal di Facebook, melainkan hanya memiliki akun Facebook Page.

“Akun Facebook Page mas Eri Cahyadi yang asli dengan alamat https://www.facebook.com/ericahyadiec. Sedangkan akun Instagramnya ada @ericahyadi_. Selain dua akun tersebut, dipastikan akun tersebut palsu,” tandasnya.

Terkait akun palsu tersebut, Tim Pemenangan Eri-Armudji akan melapor ke Cyber Crime Polri, sebab dikhawatirkan ada yang menjadi korban penipuan tersebut.

“Bisa saja dengan iming-iming akan dibantu, korban dimintai sejumlah uang. Atau bisa juga fotokopi KTP dan KK yang dikirimkan disalahgunakan,” tandasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.