Tips dan Trik Sebelum Vaksinasi Anak

Yovie Wicaksono - 4 March 2022
Ilustrasi. Vaksinasi pada balita di RKZ (foto : Istimewa)

SR, Jakarta – Koordinator Dokter Imuni, Anis Fitria menjelaskan bahwa vaksinasi merupakan proses pengenalan vaksin ke dalam tubuh agar tercipta perlindungan terhadap suatu penyakit secara spesifik. Tujuannya untuk melatih sel-sel tentara tubuh agar kuat dan dapat terlindungi dari penyakit, bahkan sebelum kontak langsung dengan penyakit tersebut. 

“Vaksinasi merupakan cara yang paling aman, efektif dan mudah dalam melindungi tubuh. Vaksin adalah bahan yang digunakan untuk memberikan stimulasi respon imun/sel tentara tubuh untuk mencegah suatu penyakit tertentu,” kata Anis Fitria dalam keterangannya, Jumat (4/3/2022).

Anis mengatakan, ada dua jenis vaksin yaitu, ada yang mengandung kuman yang mati (inactivated) dan ada kuman yang hidup namun dilemahkan (live-attenuated). Disampaikan bahwa keduanya tidak akan menimbulkan penyakit atau risiko komplikasi lainnya dalam tubuh. 

“Vaksinasi bisa dilakukan untuk semua usia, mulai dari bayi baru lahir, balita, remaja, dewasa hingga lansia. Setiap vaksin sudah terjadwal sesuai usia. Di Indonesia, jadwal vaksin untuk anak sudah dijadwalkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sedangkan jadwal vaksinasi dewasa hingga lansia sudah dijadwalkan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI),” katanya.

Anis menyampaikan, ada beberapa tips dan trik sebelum vaksinasi yaitu sampaikan ke anak secara jujur bahwa akan divaksinasi. 

Kemudian, siapkan mainan kesayangan, nyanyikan lagu atau putar video kesukaan anak, kenakan pakaian yang nyaman, dan berikan pelukan yang menenangkan agar anak merasa nyaman.

“Efek samping pasca vaksinasi atau yang sering kita dengar istilah KIPI dapat terjadi pada siapapun setelah vaksin apapun. Tapi jangan khawatir, karena efek sampingnya lebih mudah ditangani daripada kalau si Adek benar-benar terkena penyakitnya. Efek sampingnya diantaranya nyeri atau muncul kemerahan di bekas suntikan dan demam,” kata Anis. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.