Sukses Gelar Lomba Kemerdekaan, Eri Cahyadi : Semangat Menuju Surabaya yang Lebih Baik

Yovie Wicaksono - 13 August 2022

SR, Surabaya – Serangkaian lomba tahap pertama yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, telah sukses digelar di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Sabtu (13/8/2022).

Terhitung, sejak awal dimulai pukul 07.00 WIB hingga menjelang sore, kawasan Kenjeran tak pernah sepi. Banyak warga yang antusias menyaksikan lomba yang diikuti seluruh anggota Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Surabaya itu.

Adapun kegiatan yang dilombakan diantaranya, lomba rias wajah pasangan, gobak sodor putri, tarik tambang, gepuk bantal, menek jambe, hingga lomba perahu layar piala Wali Kota. 

“Beberapa lomba disini ini menonjolkan semangat kita untuk kembali meraih kemerdekaan republik Indonesia,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Eri menyebut, lomba yang diadakan sengaja menonjolkan sikap semangat dan gotong royong, agar warga kembali ingat bahwa perjuangan menuju merdeka itu tidak mudah. Dan itu masih terus diperjuangkan.

“Supaya warga Surabaya tetap ingat bahwa kita masih butuh gotong royong, semangat untuk merebut kemerdekaan dari kemiskinan, dari pengangguran, putus sekolah,” ujarnya.

“Memperingati kemerdekaan juga harus mengingat bahwa merebut kemerdekaan di masa lalu itu sangat sulit sehingga sekarang kita harus punya semangat yang luar biasa,” imbuh Eri.

Karena itu, pihaknya memilih THP Kenjeran sebagai tempat acara, sebab dinilai memiliki andil sejarah bagi perkembangan Surabaya. “Dulu kita mengingat bahwa tempat wisata pertama kali itu Kenjeran, sehingga kita ke THP lagi, mengingatkan bahwa ketika ada tempat yang baru maka kita tidak pernah melupakan tempat yang lama,” ungkapnya.

Atas hal tersebut, UPTD THP Kenjeran Rusdi Ismet menyampaikan terima kasihnya, karena Kenjeran masih dipercaya menyelenggarakan lomba Perahu Layar Piala Wali Kota. 

“Kita berterima kasih khususnya pada bapak Wali Kota yang memberi kesempatan kami untuk menggelar lomba perahu layar yang sempat vakum karena pandemi Covid-19,” ucap Rusdi Ismet.

Berbeda dengan lainnya, lomba Perahu Layar ini hanya memanfaatkan kecepatan angin untuk melaju ke garis finish. Dan para peserta yang tergabung dalam 37 grup akan berlomba selama 2 hari untuk merebutkan piala Wali Kota.

“Para peserta terdiri dari nelayan Sukolilo, Kenjeran, dan sekitarnya. Hari ini perebutan juara 1, besok 36 grup sisanya berlomba kembali untuk merebutkan juara 1-3 dan juara harapan. Lalu yang juara 1 besok akan ditandingkan kembali dengan yang juara 1 hari ini untuk merebutkan piala Wali Kota,” tuturnya.

Dengan adanya event tersebut, ia berharap, kedepan salah satu wisata favorit di Kota Pahlawan ini semakin dikenal dan ramai pengunjung. “Tidak hanya lomba perahu layar, harapannya akan ada event-event lain yang bisa dilaksanakan disini dan tidak menutup kemungkinan ada lomba tradisional,” ungkapnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.