Peduli Disabilitas, Yayasan Bersama Indonesia Sehat Gelar Vaksinasi Covid-19

Yovie Wicaksono - 10 June 2021
Peduli Disabilitas, Yayasan Bersama Indonesia Sehat Gelar Vaksinasi Covid-19. Foto : (Super Radio/Hamidiah Kurnia)

SR, Surabaya – Yayasan Bersama Indonesia Sehat (Bersih) menggelar vaksinasi Covid-19 bagi disabilitas, di ruang Binaloka, Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis (10/6/2021).

Adapun peserta disabilitas yang hadir adalah dari kelompok Mata Hati (tuna netra), Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC), himpunan tuna daksa, tuna rungu, celebral palsy, dan kelompok-kelompok pribadi.

“Vaksinasi ini pesertanya 100 orang dari Surabaya dan luar kota. Kita lakukan ini setelah kemarin menginisiasi donor plasma konvalesen, sebelumnya kita juga bantu di Sentra bersama BUMN kita mobilisasi vaksinasi ke 2.500 lansia dan 1.550 guru se-Jawa Timur,” kata Ketua Yayasan Bersih, Teguh Prihandoko.

Teguh menyebut, acara ini merupakan bagian dari kewajiban mereka untuk membantu dan memfasilitasi para disabilitas. Sehingga sebagai fasilitator dirinya ingin memberikan yang terbaik untuk para disabilitas.

Kendati demikian, dirinya juga masih menyayangkan beberapa hal terkait pelayanan dari Dinas Kesehatan yang kurang maksimal pada saat vaksinasi, seperti pada alur antrean yang kurang tertata sehingga para disabilitas harus menunggu lebih lama, dan kurangnya fasilitas yang ramah difabel.

“Di kegiatan hari ini seharusnya ada alurnya sendiri, kasihan para disabilitas yang sudah datang dari jam 7 pagi tadi, tapi karena acaranya tergabung dengan umum jadi harus menunggu lebih lama. Prasarana untuk disabilitas juga kurang, tidak ada alat bantu tangga untuk cerebral palsy,” imbuhnya.

Menurutnya, vaksinasi adalah upaya kerja bersama, sehingga seluruh pihak diharapkan dapat saling bergabung dan membantu mensukseskan hal tersebut. Kedepannya, ia berencana melanjutkan kegiatan ini dengan menggandeng seluruh komunitas, dan kelompok disabilitas seperti Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) dan lainnya.

“Untuk mensukseskan vaksinasi ini tidak bisa hanya pemerintah sendirian saja, jadi kita bersama Yayasan Bersih niatannya supaya kelompok disabilitas lebih diperhatikan. Kegiatannya juga untuk memicu semangat daerah-daerah lain supaya siap melakukan hal yang sama, harapannya semua kelompok bisa bergabung semua, selanjutnya kita akan ajak seluruh komunitas baik BK3S, maupun kelompok- kelompok lain untuk bergabung,” ujarnya.

Salah satu disabilitas yang mengikuti vaksinasi Covid-19, Evita Sugiarto (23) turut mengungkapkan kegembiraanya atas acara ini, ia bersyukur karena dirinya diberikan wadah untuk melakukan vaksinasi.

“Senang karena ada yang bisa memfasilitasi disabilitas untuk vaksin. Kalau tidak ada acara seperti ini kan meskipun teman disabilitas tetap di vaksin tapi akan bingung tempat, waktu, dan sebagainya, kalau ada acara ini kan ada wadahnya,” ucapnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.