Smart Citizen Day 2019 Hadirkan Presiden Jokowi dalam Bentuk Hologram

Yovie Wicaksono - 29 March 2019
Smart Citizen Day 2019, di Jakarta Selatan, pada Kamis (28/3/2019). Foto : (Humas Kemkominfo)

SR, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghadirkan Presiden Jokowi dalam bentuk hologram untuk menjelaskan berbagai capaian program pembangunan selama lima tahun ini di acara Smart Citizen Day 2019, di Jakarta Selatan, pada Kamis (28/3/2019).

“Sesuai dengan Inpres No 9 tahun 2015, Kominfo memang bertanggung jawab untuk merancang sampai dengan mendiseminasikan program-program pembangunan. Salurannya bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah hologram ini,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Selama ini, diseminasi dilakukan melalui jalur media konvensional dan digital serta pertunjukan-pertunjukan rakyat.

Salah satu mahasiswa semester 6 Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah yang hadir dalam acara tersebut, Abdullah Faqih mengaku takjub dengan penampilan hologram Jokowi.

“Menurut saya, penampilan dalam bentuk hologram seperti ini sudah mewakili Presiden Jokowi. Kan saat ini agenda beliau sangat padat. Dengan adanya teknologi hologram, dapat memudahkan masyarakat untuk bisa merasakan kehadiran Pak Jokowi,” katanya.

Faqih pun menyatakan, pidato Jokowi dalam hologram ini sangat menyentuh emosi. “Terasa banget pendekatannya untuk masyarakat kelas bawah. Dengan penampilan Pak Presiden seperti ini bisa mengangkat semangat masyarakat, sehingga Indonesia dapat terus bergerak menjadi negara maju,” ungkapnya.

Sekedar informasi, Smart Citizen Day merupakan sebuah acara yang digelar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara serta berbagai tokoh muda penggerak perubahan. Dalam acara ini juga berlangsung deklarasi smart citizen oleh perwakilan 34 Provinsi di Indonesia.

Co-Founder dan Chief Technology Officer Qlue Andre Hutagalung sebagai salah satu penggagas acara ini menekankan pentingnya platform berbasis Artificial Intelligence, Internet of Things (IoT) serta integrasi data yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan efisiensi dalam menangani permasalahan kota.

“Kami menghadirkan Smart Citizen Day untuk memperkenalkan berbagai Solusi Qlue kepada publik serta sebagai puncak perayaan smart citizen di Indonesia,” kata Andre. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.