Sanggar Seni Mega Pertiwi Hadir di Tuban

Yovie Wicaksono - 26 September 2021

SR, Tuban – Badan Kebudayaan Nasional (BKN) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban meresmikan “Sanggar Seni Mega Pertiwi”, Minggu (26/9/2021).

Aula kantor partai berlambang banteng moncong putih ini nantinya akan menjadi tempat menampung para generasi penerus bangsa untuk melestarikan kesenian dan tradisi di Bumi Ronggolawe ini.

“Kami ingin memberikan wadah untuk anak-anak berkarya, berekspresi dan menjaga apa yang diwariskan oleh nenek moyang agar mereka lebih mencintai kesenian dan budaya itu sendiri,” ujar Ketua BKN DPC PDI Perjuangan Tuban, Ita Hariyanti.

Ita mengatakan, hal ini merupakan bagian dari komitmen partai dalam menjaga, melestarikan seni tradisi, dan adat istiadat.

Nantinya, tiap Minggu akan digelar kelas tari untuk kelas anak dan tiap Rabu untuk kelas remaja hingga dewasa tanpa dipungut biaya, hanya saja ada iuran yang besarannya disepakati bersama untuk kepentingan para anggota di dalamnya.

“Pelatihnya dari kami sendiri, anak usia remaja-dewasa mengajar secara bergantian,” ujarnya.

Tak hanya tari, kedepan juga akan diadakan kelas seni rupa, karawitan, macapat, hingga musik.

“Saya ingin mereka berkarya, membuat tari dan musik sendiri dan akhirnya bisa ditampilkan bahwa itu adalah karyanya,” tuturnya.

Kepala BKN PDI Perjuangan Jatim, Ony Setiawan yang turut hadir dalam peresmian tersebut juga memberikan apresiasinya. Baginya, ini bisa menjadi contoh baik dan ditularkan ke BKN di Kabupaten/Kota lainnya.

“Saya sangat mengapresiasi. Jadi kami berharap seluruh kantor DPC di Jawa Timur itu menjadikan kantornya sebagai rumah budaya,” ucap Ony.

Kedepan, Ony akan mendorong seluruh DPC di Jawa Timur melakukan aktivitas kebudayaan di kantor partai.

“Selama ini teman-teman itu melakukan aktivitas budaya. Tapi yang ingin kami tekankan adalah seluruh cabang di Jatim untuk bisa melakukan seluruh  aktivitas kebudayaan di kantor Partai,” pungkasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.