Ratusan Pelajar Berbagai Daerah Ikuti Lomba Menggambar di Museum Airlangga

Yovie Wicaksono - 20 October 2019
Lomba menggambar dan mewarnai di Area Museum Airlangga, Lokasi Objek Wisata Goa Selomangleng. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Lebih dari 500 peserta lomba menggambar dan mewarnai tingkat Sekolah Dasar (SD) ambil bagian dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri, Sabtu (19/10/2019).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Museum Nasional 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Area Museum Airlangga, Lokasi Objek Wisata Goa Selomangleng.

Kepala Seksi (Kasi) Sejarah dan Kepurbakalaan Disbudparpora Kota Kediri,  Endah Setiyowati mengatakan, tema yang diambil untuk mewarnai dan menggambar masih seputaran tentang benda purbakala.

Lomba tersebut dibagi dalam tiga kategori untuk mewarnai tingkat TK diambil juara 1,2,3 dan harapan. Sementara tingkat SD mewarnai juga sama. Untuk kategori menggambar dikhususkan bagi pelajar SD kelas 4,5,6.

“Kurang lebih peserta yang ikut lomba 500 anak. Peserta tidak hanya berasal dari Kediri, melainkan juga luar daerah seperti Nganjuk dan Tulungagung.  Temanya kita ambil Majestic Panji Sekartaji,” ujar Endah Setiyowati.

Pelaksanaan lomba mewarnai dan menggambar berlangsung selama satu hari. Tidak hanya sekedar menggambar dan mewarnai, peserta juga bisa mendapatkan edukasi tentang benda sejarah kepurbakalaan lintas kerajaan yang tersimpan di Museum Airlangga.

Selain itu, Disbudparpora Kota Kediri juga mendatangkan benda purbakala koleksi dari Museum Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk.

Koleksi benda purbakala yang dipamerkan berupa fosil binatang purba yang diperkirakan berusia jutaan tahun serta peninggalan Kerajaan Majapahit di Abad 14 yang ditemukan di Sungai Brantas Nganjuk, berupa peralatan untuk memasak. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.