Armuji Pastikan Pemkot Surabaya Berikan Beasiswa Bagi Anak MBR di Sekolah Swasta

Yovie Wicaksono - 25 June 2021
Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah sampai pada pendaftaran jalur zonasi. Daya tampung SMP Negeri dibanding lulusan SD tidak bisa menitikberatkan penyelenggaraan pendidikan hanya pada sekolah negeri.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan menjamin warga Surabaya yang masuk kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk dapat menempuh bangku pendidikan jenjang SMP dengan jaminan beasiswa.

“Ada sebanyak 146 sekolah swasta yang bekerja sama dengan pemerintah Kota Surabaya untuk menampung siswa MBR melalui jalur mitra warga SMP Swasta yang nanti dibuka pada 29 Juni 2021,” ujar Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji, Jumat (25/6/2021).

Pria yang akrab disapa Cak Ji ini mengatakan, program tersebut didanai dari berbagai CSR perusahaan swasta yang telah menandatangani MoU dengan pemerintah Kota Surabaya serta program orang tua asuh bagi anak – anak MBR yang akan dibiayai selama tiga tahun.

“Pendaftaran terbuka melalui website PPDB.surabaya.go.id, ini merupakan program Eri – Armuji untuk warga Surabaya. Selain itu kita menyadari bahwa peran sekolah swasta tidak bisa ditinggalkan dalam penyelenggaraan pendidikan di kota Surabaya,” ujar mantan Ketua DPRD Kota Surabaya selama dua periode ini.

Cak Ji juga menambahkan, program PPDB bagi MBR di SMP swasta adalah upaya pemerataan kualitas pendidikan di Kota Surabaya. Sehingga tidak ada disparitas antara sekolah negeri dan swasta.

“Sekolah negeri swasta podo apike rek, sing penting niatan menuntut ilmu. Arek Suroboyo kudu semangat sekolah ben isok ngangkat derajat keluarga, semangat yo rek,” imbuhnya dengan logat khas Suroboyoan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.