Puti Guntur: Kebudayaan Tak Hanya Dihidupkan, Tapi Harus Bisa Memberi Kehidupan

Yovie Wicaksono - 28 March 2022

SR, Sidoarjo – Anggota Komisi X DPR RI Puti Guntur Soekarno mengajak seluruh elemen masyarakat bekerja sama dan gotong royong melestarikan kebudayaan untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat di sekitar lingkungan candi.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI yang akrab disapa Mbak Puti ini pun meminta jajaran pemangku kebijakan Kabupaten Sidoarjo untuk senantiasa menjadikan kebudayaan sebagai dasar melakukan pembangunan daerah.

“Kita harus melakukan pembangunan berdasarkan visi kebudayaan sesuai ajaran Bung Karno,” kata Puti saat menghadiri Pagelaran Seni Tari dan Musik Tradisional bertajuk ‘Bisa Fest’ oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI di pelataran Candi Pari, Porong, Sidoarjo, Minggu (27/3/2022).

Ia menyebutkan, sekarang kebudayaan sudah tidak hanya dihidupkan, tapi juga harus mampu memberi kehidupan.

“Untuk saat ini, kita perlu meramut dan melestarikan kebudayaan agar dapat membawa rezeki bagi kita. Salah satunya dengan menjadikan Candi Pari sebagai desa wisata berbasis kebudayaan,” jelasnya.

Legislator DPR RI dari dapil 1 Jatim (Surabaya-Sidoarjo) ini pun ingin membangun ekosistem nyaman berbudaya bagi warga sekitar Candi Pari. Sehingga, dampaknya juga bisa dirasakan masyarakat melalui peningkatan ekonomi UMKM.

“Bersama kita bangun ekosistem nyaman berbudaya di sini. Budayawan bisa berkreasi, usaha warga hidup, dan generasi penerus bangsa tetap mengenal warisan leluhur,” tuturnya.

Cucu proklamator Bung Karno ini juga mengajak seluruh hadirin untuk tidak berhenti berkreasi dan menghasilkan seni budaya yang berkualitas.

Sekadar informasi, acara pembukaan ‘Bisa Fest’ ini dimeriahkan pertunjukan Tari Muasangkal dan Tari Sorote Lintang oleh Sanggar Ludruk Arboyo, serta Tari Seda Jiwo, dan Tari Corona Mbalelo dari Sanggar Omah Budaya Prajanara. Selama pertunjukan, Mbak Puti sangat menikmati sajian tari tersebut.

Selama di Candi Pari, Mbak Puti juga didampingi Bupati Sidoarjo H Ahmad Mudlor, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sidoarjo, Bambang Riyoko, dan Kasipah, serta jajaran Forkopimda Sidoarjo

Sementara itu, Bupati Sidoarjo H Ahmad Mudlor mendukung dan siap mengawal keinginan Mbak Puti. Bersama jajaran Forkopimda Sidoarjo, pihaknya bakal menyediakan ekosistem aman bagi pelaku budaya.

“Apapun hasil kebudayaan, kita akan bersinergi bersama untuk memikirkan bagaimana insan penghasil, penggerak, dan penikmat kebudayaan mampu hidup dan menghidupi,” ujarnya.

Senada, sebagai penyelenggara, Wahyu Wicaksono dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengatakan, pihaknya juga memiliki tujuan untuk membangkitkan perekonomian warga melalui pengembangan kebudayaan.

Menurutnya, Kemenkraf berkomitmen penuh bersama Puti Guntur Soekarno untuk meningkatkan kualitas pariwisata dan ekonomi kreatif dengan mengembangkan kebudayaan di Sidoarjo. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.