Puspenerbal Gencarkan Vaksinasi Covid-19 di Bandara Juanda

Yovie Wicaksono - 22 July 2021
Puspenerbal Gencarkan Vaksinasi Covid-19 di Bandara Juanda, Kamis (22/7/2021). Foto : (Super Radio/Hamidiah Kurnia)

SR, Sidoarjo – Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) terus menggencarkan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi warga Sidoarjo dan sekitarnya. Kali ini vaksinasi tersebut digelar di terminal T2 Bandar Udara Internasional Juanda Sidoarjo, Kamis (22/7/2021).

“Sebelumnya kami sudah melakukan serbuan vaksin sejak 28 Juni 2021, itu pertama bertempat di Rumkital dr Soekantyo Jahja Lanudal Juanda, lalu pindah ke terminal T1 bandara Juanda selama 4 hari. Setelah dilakukan evaluasi, akhirnya kegiatan dipindahkan ke terminal T2 agar tidak mengganggu aktivitas penerbangan,” kata Direktur Operasi Puspenerbal, kolonel Catur Nur Ardiantoro.

Ia mengatakan, dengan animo masyarakat yang tinggi, pihaknya berusaha memberikan pelayanan maksimal dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan menyediakan pendaftaran langsung di tempat.

“Pada pagi ini kita sudah diserbu oleh mungkin hampir 1500-1600 masyarakat yang ingin vaksin. Karena animo masyarakat luar biasa, antrian juga sudah penuh jadi kita berusaha melayani semaksimal mungkin,” ujarnya.

“Kita sebelumnya juga sudah memfasilitasi pendaftaran secara manual maupun online. Memang ada kendala di online, seperti tidak bisa diakses dan sebagainya sehingga kita memutuskan untuk manual jadi datang langsung diinput oleh petugas kami,” imbuhnya.

Pelaksanaannya juga dilakukan secara bertahap mulai dari pendataan diri, screening kesehatan, vaksinasi hingga pencetakan sertifikat vaksin Covid-19.

Ia menambahkan, pihaknya menyediakan dua jenis vaksin, yakni Sinovac dan Astrazaneca. “Untuk vaksin yang pertama kita utamakan Sinovac bagi masyarakat yang belum pernah vaksin, dan untuk yang sudah terlanjur vaksin menggunakan Astrazaneca pertama juga kita layani untuk vaksinasi dosis kedua. Sebelum vaksin masyarakat harus menginfokan kepada kami baik saat input data maupun secara screening,” ucapnya selaku Komandan Satgas untuk serbuan vaksin Covid-19 Puspenerbal.

Selain itu, ia menyebut, kegiatan serbu vaksinasi Covid-19 ini akan terus dilakukan selama stok vaksin masih tersedia.

“Kita akan laksanakan mungkin besok atau sampai kapan sesuai perintah, memang stok vaksin masih ada jadi selagi ada masyarakat yang ingin vaksin kita layani. Kita juga melibatkan relawan-relawan baik dari siswa STIKES Hang Tuah, para prajurit, dan sebagainya,” pungkasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.