Puan: Pandemi Berikan Petunjuk Kinerja yang Harus Dibenahi

Yovie Wicaksono - 14 August 2020
Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Foto : (Istimewa)

SR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan petunjuk kinerja yang perlu dibenahi demi mencapai kemajuan Indonesia di berbagai bidang.

“Kita dapat melihat berbagai kekurangan yang masih perlu terus diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya untuk mewujudkan Indonesia Maju,” kata Puan dalam pidato pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Menurutnya, perlu ada peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih merata bagi seluruh rakyat Indonesia di seluruh wilayah. Kemudian, sistem penanggulangan bencana yang terpadu dan terkoordinasi perlu diperkuat.

Puan mengatakan, perlunya menyempurnakan sistem jaminan sosial dan perlindungan sosial. Selanjutnya, regulasi untuk mencegah krisis ekonomi perlu diperkuat.

“Kita juga membutuhkan regulasi yang dapat menyelaraskan otoritas kebijakan fiskal dan otoritas kebijakan moneter dalam menghadapi krisis ekonomi,” kata Puan.

Saat ini, lanjutnya, Indonesia berada dalam era kemajuan zaman yang sangat dinamis dan terbuka secara sosial, budaya, ekonomi dan politik, serta persaingan global yang semakin tajam.

“Sebagai bangsa dan negara, kita semakin dituntut untuk memiliki kemampuan dan kekuatan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya, agar dapat menentukan nasib bangsa dan tanah air oleh kedaulatannya sendiri,” ucapnya.

Puan mengatakan, selama 75 Tahun Indonesia Merdeka telah banyak capaian kemajuan yang diraih. Kemajuan tersebut berada dalam gerak peradaban zaman, yang selalu berkembang dan menghadirkan tantangan baru.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan Indonesia Maju, Puan mengajak semua elemen harus dapat bergerak cepat seiring dengan cepatnya perkembangan peradaban dunia di berbagai bidang. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.