Puan : Hasil Survei Jadi Tantangan DPR untuk Jaga Citra dan Kewibawaan Lembaga

Yovie Wicaksono - 24 February 2020
Ketua DPR RI Puan Maharani saat menghadiri  Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI di Jakarta, Senin (24/2/2020). Foto : (Istimewa)

SR, Jakarta – Ketua DPR  RI Puan Maharani menyambut baik hasil survei terbaru dari lembaga survei Politika Research and Consulting dan Parameter Politik Indonesia yang dirilis pada hari Minggu (23/2/2020). Survei itu menunjukkan 50,5 persen responden menilai kinerja DPR baik. 

“Alhamdulillah  ini ada kabar baik. Hasil survei itu menunjukkan bahwa DPR saat ini sudah mulai mendapatkan kepercayaan masyarakat,” ucap Puan saat menghadiri  Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI di Jakarta, Senin (24/2/2020).

Sebelumnya, survei publik oleh Lembaga Survei Indonesia pada Oktober 2019 menunjukkan hanya 40 persen responden yang percaya pada DPR. 

Menurut Puan,  kenaikan kepercayaan masyarakat kepada DPR ini menunjukan tingginya harapan masyarakat atas kinerja DPR.

“Jadi sekarang sudah mulai ada peningkatan kepercayaan atau trust dari rakyat kepada DPR,  harus selalu kita tumbuhkan dan jaga. Termasuk dengan menegakkan citra dan wibawa parlemen,” ungkap Puan di hadapan peserta Seminar MKD DPR RI.

Puan menyatakan, menjaga trust rakyat kepada lembaga perwakilan menjadi tugas semua anggota Dewan, sebab perilaku satu anggota DPR akan dapat mempengaruhi persepsi rakyat kepada seluruh anggota Dewan. 

“Ketika satu anggota Dewan berperilaku tidak terhormat,  maka seluruh Dewan dapat dipandang secara negatif. Sayangnya ketika satu anggota Dewan berperilaku secara terhormat, belum tentu seluruh Dewan akan dipandang secara positif,” ujarnya.

Puan menambahkan, peningkatan citra dan wibawa parlemen tidak  terjadi secara otomatis. 

“Karena itulah diperlukan Kode Etik DPR dan Mahkamah Kehormatan Dewan,” ujar Puan seraya mengingatkan bahwa tujuan pembentukan MKD adalah menjaga serta menegakkan kehormatan dan keluhuran martabat DPR sebagai lembaga perwakilan rakyat.

Sekedar informasi, dalam acara tersebut Puan Maharani menjadi pembicara kunci  seminar yang bertema Arah Baru Kebijakan MKD: Upaya Menghadirkan Peradaban ‘Hikmah’. 

Turut hadir dalam acara ini wakil ketua DPR RI Muhaimin Iskandar dan Rachmat Gobel, Ketua MKD DPR RI Habib Abu Bakar Al Habsyi, sejumlah anggota MKD. Selain anggota DPR RI, seminar ini menghadirkan seluruh ketua MKD DPRD seluruh Indonesia. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.