Pilkada Surabaya, Megawati Perintahkan Kader Konsolidasi

Yovie Wicaksono - 28 August 2020
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto saat pengumuman cakada PDI Perjuangan Gelombang IV, Jumat (28/8/2020). Foto: (Istimewa)

SR, Surabaya – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memerintahkan jajaran DPP untuk melaksanakan konsolidasi di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020.

“Untuk Kota Surabaya, kami diperintahkan Ibu ketua umum melakukan konsolidasi dengan seluruh jajaran DPD PDI Perjuangan pada hari Minggu besok,” kata Hasto di sela pengumuman calon kepala daerah PDI Perjuangan gelombang IV yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (28/8/2020).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Jatim, Deni Wicaksono ketika dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut. Nantinya, DPD PDI Perjuangan Jawa Timur akan mengundang pengurus atau struktur DPC dari 19 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada, termasuk Surabaya.

Terkait apakah rekomendasi pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya akan diumumkan pada saat konsolidasi partai, Deni tidak bisa memastikan hal tersebut.

“Sampai sekarang kita belum menerima pemberitahuan apakah nanti diumumkan lima pasangan calon dari kabupaten/kota di Jawa Timur yang belum atau hanya untuk konsolidasi, karena sampai hari ini saya juga baru mendengar tadi informasi dari Pak Sekjen itu,” tandas Deni.

Deni mengatakan, di Surabaya PDI Perjuangan memiliki banyak kader yang potensial, kemudian juga eksternal partai yang ingin bergabung bersama PDI Perjuangan dalam Pilwalkot Surabaya 2020 ini.

“Ini yang mungkin menjadi pertimbangan yang mendalam supaya rekom yang diberikan PDI Perjuangan yang sudah sangat dinantikan masyarakat Surabaya nantinya memang bisa membawa aura kemenangan,” tandasnya.

Siapapun nama yang akan dimunculkan, Deni menegaskan, hal tersebut menjadi ranah DPP dan hak prerogatif Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Namun pihaknya mengaku siap untuk memenangkan calon yang akan mendapat rekom partai berlambang banteng moncong putih ini.

Hasto menyebutkan, ada 15 nama calon yang masuk ke meja Ketua Umum DPP PDI Perjuangan untuk dipilih sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya.

“Jadi kalau kita lihat nama di Kota Surabaya ini ada sekitar 15 nama calon yang telah diproses Ibu Ketua Umum dengan mata hati beliau, mengambil keputusan dan beliau memang memiliki hak-hak prerogatif untuk itu. Jadi partai lebih memilih momentum yang tepat dan partai akan melakukan konsolidasi secara bersama,” kata Hasto. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.