Pelatihan Batik Shibori di Kaki Gunung Wedon dalam Peringatan HDI

Yovie Wicaksono - 6 December 2021

SR, Malang – Dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021, sejumlah perempuan yang tinggal di kaki Gunung Wedon, Lawang, mendapatkan pelatihan membatik dengan teknik shibori dari tim wirausaha batik Omah Difabel di Balai Dusun Turi, Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Sabtu (4/12/2021).

Pelatihan batik Shibori ini difasilitasi oleh Omah Difabel Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS), bekerjasama dengan KKN Kemanusiaan Prodi Manajemen Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, serta dalam koordinasi Perhutani melalui KRPH Wonorejo dan Pemerintah Desa Turirejo. 

“Kegiatan pelatihan batik ini merupakan rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021, regional Jatim,” ujar Pembina LINKSOS, Kertaning Tyas, Minggu (5/12/2021).

Dipilihnya Dusun Turi yang notabenenya terletak di kaki Gunung Wedon sebagai lokasi kegiatan adalah sebagai program berkelanjutan penghijauan di bukit berketinggian 660 mdpl ini.

Didalam kegiatan ini memuat pendekatan masyarakat untuk program edukasi tentang disabilitas dan inklusi, pelestarian lingkungan dan tameng ekologi Gunung Wedon serta pengembangan desa inklusi. Maka anggota PKK di sela pelatihan batik juga bertahap memperoleh materi tentang disabilitas dan kesadaran inklusi serta lingkungan hidup. 

“Kegiatan semacam ini memuat makna inklusivitas yang sesungguhnya, bahwa untuk inklusi tidak harus kegiatan masyarakat umum yang melibatkan difabel, melainkan kegiatan difabel yang melibatkan masyarakat. Juga sekaligus kampanye hapus stigma, bahwa difabel yang biasanya dinilai tidak produktif dan menjadi beban lingkungan, faktanya di Omah Difabel mereka produktif bahkan memberikan manfaat bagi masyarakat umum,” ujarnya.

Sekadar informasi, selain pelatihan membatik, peringatan HDI kali ini juga diisi serangkaian acara seperti Jambore Kader Kesehatan di Pasuruan, dan puncak acara di GOR Ken Arok Kota Malang pada 12 Desember mendatang. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.