Pasca Viral Jadi Korban Penipuan Jual Beli Kambing, Mbah Katimen Banyak Didatangi Dermawan

Yovie Wicaksono - 6 January 2022
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat mendatangi kediaman Mbah Katimen dan menyerahkan bantuan berupa 2 ekor kambing. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Pasca viral di media sosial lantaran menjadi korban penipuan jual beli kambing, Mbah Katimen banyak mendapat perhatian dari masyarakat luas.

Beberapa kali dalam sepekan terakhir ini kediaman kakek berusia 81 tahun, warga Dusun Karanglo, Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, banyak didatangi sejumlah warga baik dari lokal Kediri maupun luar daerah.

Maksud dan tujuan mereka singgah ke tempat tinggal Mbah Katimen bertujuan untuk sekadar memberikan bantuan, karena merasa iba dengan nasib yang dialami oleh bapak lima anak tersebut. Bantuan yang diterima oleh Mbah Katimen kebanyakan dalam bentuk uang dan sudah terkumpul jutaan rupiah.

“Warga yang sudah datang kesini tidak hanya berasal dari lokalan Kediri saja juga dari luar daerah seperti Trenggalek dan Rejotangan Tulungagung. Kebanyakan mereka ini komunitas media sosial Facebook,” kata Kasi Kesra Desa setempat, Arik, Rabu (5/1/2022).

Gencarnya informasi yang beredar di media sosial terkait nasib yang dialami Mbah Katimen ternyata diketahui oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. Begitu mendengar hal itu, ia kemudian bergegas mendatangi kediaman Mbah Katimen. Sesampainya di rumah Mbah Katimen, ia pun menyerahkan bantuan berupa 2 ekor kambing.

“Jadi tadi yang kita berikan sepasang ekor kambing jantan dan betina. Harapnnya agar bisa diternak nantinya. Karena kemarin Mbah Katimen baru saja tertimpa musibah, pada saat menjual kambingnya di pasar hewan ternyata sang pembeli tidak balik lagi, dan membawa kambingnya bernilai Rp 1.100.000 juta. Artinya kami pemerintah Kabupaten Kediri membantu masyarakat kami yang sedang mengalami kesulitan,” ujar Bupati yang akrab disapa Mas Bup tersebut.

Di desanya, Mbah Katimen tinggal di sebuah rumah berukuran 5×8 meter, bersama putrinya nomor ketiga. Ia tercatat sebagai salah satu warga yang menerima bantuan sosial dari pemerintah. Semasa muda ia pernah bekerja sebagai karyawan di salah satu pabrik gula dan masa tuanya kini ia habiskan untuk beternak kambing .

Di waktu senggang, Mbah Katimen terkadang mendatangi pasar hewan di Desa Branggahan, Kecamatan Ngadiluwih. Jarak tempuh rumah Mbah Katimen dengan pasar hewan sekitar 3 kilometer. Ia berangkat kesana dengan naik sepeda angin miliknya yang setiap hari ia pergunakan. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.