Pameran Lukis “Tandur”

Yovie Wicaksono - 11 July 2022

SR, Surabaya – Sebanyak 30 karya lukis dari 10 perupa di Jawa Timur, terpajang di Galeri Prabangkara, Jalan Genteng Kali Nomor 85, Surabaya, Senin (11/7/2022) dalam Pameran Lukis bertajuk “Tandur”.

Pameran yang digelar mulai 11 – 18 Juli 2022, 11.00 – 20.00 WIB ini, diikuti perupa Budi Bi, Saiful Mujib Maruf, Nabila Dewi Gayatri, Triyoso Yusuf, Adrinalia, Ami Tri, Lukman Gimen, Budi Ipeng, Hence Virgorina, serta Hendy Prayudi, dengan kurator Agus Koecink dan penulis Heti Palestina Yunani.

Ketua Pameran Lukis Tandur, Budi Bi mengatakan, ia sengaja memilih tandur sebagai tema pameran kali ini karena dalam proses menciptakan sebuah lukisan, ada tahapan-tahapan yang bisa dianggap mirip seperti proses menandur atau menanam.

“Misal ketika kita menggali ide dan konsep sebelum melukis, hal itu bisa diibaratkan seperti sedang menentukan bibit dan tunas ke dalam kanvas kita,” ujar perupa yang juga memamerkan lima hasil karya miliknya dalam pameran tersebut.

Sementara itu, Kepala UPT. Taman Budaya, Samad Widodo saat membuka pameran tersebut mengatakan, pameran lukisan ini merupakan presentasi karya-karya terbaik dari para perupa.

Menurutnya, tandur diangkat sebagai tema dengan harapan, dari pameran ini dapat menghasilkan bibit-bibit baru pada generasi perupa, yang disemai dalam ruang-ruang apresiasi yang representatif sehingga nantinya akan tumbuh subur dan berkembang menjadi pesona keindahan dan keragaman seni rupa di Jawa Timur.

“Saya yakin pameran ini merupakan awal yang sempurna untuk menyemai bibit baru melalui berbagai warna dan goresan, menjadi bibit baru yang sarat nilai dan pesan, dan akhirnya akan menumbuhkan nilai keindahan, keharmonisan, keselarasan pada gemerasi selanjutnya,” katanya.

Sekadar informasi, selain pameran lukis, acara ini juga turut dimeriahkan dengan melukis on the spot, serta berbagai penampilan tari tradisional dan live music di Pendapa Jayengrana atau Panggung Terbuka. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.