Pameran 7 Mobil Kepresidenan di Sarinah

Yovie Wicaksono - 18 August 2022

SR, Jakarta – Dalam rangka merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia, Sekretariat Negara (Setneg) bekerjasama dengan PT Sarinah menggelar pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan mulai 13 hingga 22 Agustus 2022.

Pameran ini menampilkan koleksi arsip Kemensetneg berbentuk dokumen, foto, video dokumenter, dan memorabilia yang berkisah tentang para pemimpin Indonesia dalam bekerja. Seluruh momen ini terekam dalam media arsip yang terdiri dari 44 berkas arsip tekstual, 104 arsip foto, 4 arsip video, dan 2 arsip audio.

Sementara mobil yang dipamerkan dalam acara ini ada 7 jenis, mulai dari Buick hingga Mercedes-Benz S600 Guard. Mobil Buick menjadi mobil kepresidenan tertua yang hanya digunakan oleh Presiden Sukarno. Mobil ini sendiri merupakan mobil keluaran tahun 1939.

Kemudian, ada Mercedes-Benz S280 berwarna putih yang digunakan oleh Presiden Suharto. Mobil keluaran tahun 1980 ini juga pernah digunakan oleh Presiden BJ Habibie dan Presiden Abdurrahman Wahid. Selain itu, Presiden BJ Habibie dan Presiden Abdurrahman Wahid juga pernah menggunakan mobil model Mercedes-Benz S-Class W126 keluaran tahun 1982. Sementara dua unit Cadillac Fleetwood Brougham yang pernah digunakan Presiden BJ Habibie juga turut dipamerkan.

Mobil dinas lainnya yang dipamerkan yaitu Mercedes-Benz S-Class W140 dan pernah digunakan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mobil dinas terbaru yaitu Mercedes Benz Sedan S600 Guard keluaran tahun 2008 dan pernah digunakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta Presiden Joko Widodo.

“Pameran ini sangat bagus dan jarang terjadi, apalagi bagi kami yang ada di daerah. Kami sangat terkejut dan juga sangat senang,” kata salah satu pengunjung pameran, Arnita Hutapea dari Medan. 

Arnita mengaku tak mau melewati kesempatan ini dengan mengabadikannya melalui foto dan video. “Bagaimana mobil-mobil ini bisa diangkut, ini sangat bagus sekali. Makanya tadi kami foto-foto dan video untuk disimpan sebagai kenang-kenangan,” katanya. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.