Moeldoko: Rektor Asing Bertujuan Bangun Competitiveness

Yovie Wicaksono - 10 August 2019
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam acara Amerta Abiseka 2019 Universitas Airlangga yang digelar di Airlangga Convention Center (ACC), pada Sabtu (10/8/2019). Foto : (KSP)

SR, Surabaya – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, rencana pemerintah untuk merekrut rektor asing bertujuan untuk membangun kompetisi di perguruan tinggi Indonesia.

“Dalam konteks rektor asing itu yang perlu dipahami adalah bagaimana pemerintah ingin membangun competitiveness, jangan dilihat asingnya. Dalam membangun kompetisi, perlu adanya tantangan,” ujarnya setelah menghadiri Amerta Abiseka 2019 Universitas Airlangga, di Surabaya, pada Sabtu (10/8/2019).

Moeldoko menilai, adanya pro dan kontra mengenai rencana tersebut adalah hal yang lumrah. “Ya itu biasa, tapi lama-lama kan enggak. Pemerintah juga tetap akan mendengarkan aspirasi dari para rektor,” imbuhnya.

Mantan Panglima TNI tersebut mengatakan, rencana perekrutan rektor asing ini akan diterapkan terlebih dahulu di perguruan tinggi swasta.

“Saya sudah diskusi dengan Menristekdikti (Mohamad Nasir), nanti akan diawali oleh perguruan tinggi swasta dulu. Mungkin secepatnya akan diterapkan,” ujarnya.

Hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan untuk perguruan tinggi luar negeri mendirikan cabang di Indonesia.

“Mungkin, itu sudah disuarakan. Nanti akan disiapkan dikawasan-kawasan ekonomi khusus. Tapi sekali lagi, sebenarnya yang ingin dibangun oleh Pak Jokowi itu adalah competitiveness nya, membangun jiwa kompetisinya, lebih kesana,” tandasnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.