Minum Wedang Jahe Bisa Redakan Stres dan Cegah Kanker

Yovie Wicaksono - 5 September 2020
Ilustrasi

SR, Surabaya – Minum wedang jahe apalagi di saat cuaca sedang dingin, akan membuat hangat tubuh. Bagi sebagian kalangan, minum wedang jahe diyakini mampu memberikan manfaat yang baik buat tubuh. Benarkah demikian?

Data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information, menyebut wedang jahe mampu memberikan efek antioksidan, antiperadangan, serta memberikan perlindungan yang maksimal terhadap tubuh.

Kandungan pada jahe juga disinyalir memberikan reaksi antikanker karena dapat menghambat antigen awal yang memicu kanker.

Segelas wedang jahe dipercaya mampu meredakan batuk, nyeri sendi, hingga mual dan muntah. Senyawa kimia yang ada di jahe, mampu memberi efek menenangkan dan positif bagi lambung dan usus.

Berikut ini, manfaat wedang jahe yang berhasil dirangkum Super Radio :

  1. Meredakan Stres

Menghirup aroma jahe dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Selain itu, rasa tegang dan tertekan pun akan reda saat minum segelas wedang jahe.

  1. Memperkuat Imun

Jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini cocok digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerolsshogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

  1. Nyeri Menstruasi

Rutin mengonsumsi wedang jahe bisa mengurangi nyeri saat menstruasi. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi.

Untuk meredakan nyeri saat haid, cobalah mengonsumsi wedang jahe setidaknya empat gelas. Minum cairan tersebut selama dua hari masa awal menstruasi, dan anda bisa rasakan efek relaksasi.

  1. Meredakan Mual

Jahe juga diyakini mampu meredakan rasa mual dan mencegah muntah. Tak sekadar dengan meminumnya, anda juga bisa mencoba mengoleskan jahe di bagian-bagian yang mudah tercium, sehingga aroma jahe akan membantu meredakan mual.

Wedang jahe juga disarankan untuk dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan jauh, terutama bagi anda yang mabuk kendaraan, sehingga perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

  1. Meredakan Pusing

Minum wedang jahe ternyata dapat meredakan pusing. Jahe bekerja dengan cara merangsang aliran darah ke otak, sehingga peredaran darah menjadi lancar dan perlahan membuat keadaan tubuh berangsur membaik.

Tapi, jika anda mengalami pusing secara terus menerus maka harus ditangani segera, karena bisa membuat seseorang kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Selain itu, pusing bisa menjadi gejala penyakit serius.

  1. Mencegah Kanker

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine Institutes of Health,  jahe dapat membantu mencegah kanker. Hal ini karena jahe memiliki kandungan gingerol yang dapat mengecilkan pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus.

Jahe juga memiliki fungsi anti-inflamasi yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim. Artinya, rutin mengonsumsi air jahe juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker rahim.

Itulah enam manfaat minum wedang jahe. Namun, anda harus memperhatikan dosis dan takaran jahe yang dikonsumsi. Beberapa efek samping yang bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi jahe, diantaranya termasuk iritasi mulut, diare, tekanan darah rendah, hingga gangguan pendarahan.(*/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.