Menparekraf Angkat JFC dalam Kalender Even Pariwisata Internasional

Yovie Wicaksono - 7 August 2022

SR, Jember – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akan mengangkat karnaval busana kelas dunia Jember Fashion Carnaval (JFC) dalam kalender even pariwisata internasional.

“JFC tidak hanya menjadi kebanggaan Kabupaten Jember, tetapi juga Indonesia karena even JFC 2022 telah tembus Kharisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan kalender kegiatan pariwisata nasional,” katanya saat memberikan sambutan dalam Grand Carnival JFC di halaman Kantor Pemkab Jember, Jawa Timur, Minggu (7/8/2022) malam.

Ia mengatakan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta kepadanya agar JFC bisa diangkat sebagai even internasional, sehingga diharapkan dapat memperkuat citra Wonderful Indonesia.

“JFC telah sukses menggelar kegiatan selama 20 tahun dan sudah menjadi ikon Kabupaten Jember yang eksistensinya dimulai dari daerah, nasional hingga internasional,” katanya.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi karnaval kelas dunia JFC yang telah memberikan resonansi tidak hanya di Jember, namun di Indonesia, bahkan dunia.

“Melalui JFC, semuanya menciptakan inovasi dan kreativitas, para talent, UMKM di Jember bisa bangkit dengan seluruh elemen lain, sehingga saya berharap JFC didaftarkan pada katalog agenda internasional oleh Kemenparekraf,” tuturnya.

Grand Carnival JFC dihadiri oleh Putri Indonesia 2022 Laksmi Shari De-Neefe Suardana dan Puteri Indonesia Pariwisata 2022 Adinda Cresheilla yang juga berlenggak-lenggok di depan Kantor Pemkab Jember dengan menggunakan salah satu kostum defile.

JFC 2022 mengambil tema “The Legacy” yang memang spesial ditampilkan dalam perjalanan JFC di usia dua dekade tersebut dengan menampilkan busana defile terbaik selama satu dekade terakhir yakni defile Madurese, Defile Mahabharata, Defile Betawi, Defile Majapahit, Defile Garuda, Defile Sriwijaya, Defile Kujang, Defile Aztecs, Defile Sasando, dan Defile Poseidon.

Ratusan peserta Grand Carnival JFC berlenggak-lenggok di jalan sepanjang 3,6 kilometer dengan menampilkan busana terbaik hasil kreativitas anak negeri di Kabupaten Jember dan berbagai daerah yang berpartisipasi dalam karnaval kelas dunia itu. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.