Menhub Minta INACA Dukung Visi Presiden Tingkatkan Konektivitas Nasional

Yovie Wicaksono - 31 October 2019
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat membuka Rapat Umum Anggota INACA di Jakarta, Kamis (31/10/2019). Foto : (Dephub)

SR, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta INACA (Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia) mendukung visi dan misi dari Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan konektivitas nasional. 

Menhub mengatakan, transportasi udara memiliki keunggulan dapat menjangkau hingga daerah terluar sehingga dapat meningkatkan konektivitas antar pulau di Indonesia. 

“Kami harap para anggota INACA dapat berpartisipasi mendukung konektivitas seperti di 5 destinasi super prioritas yaitu Joglosemar, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado dengan memberikan layanan penerbangan baik berjadwal maupun tidak berjadwal,” jelas Menhub saat membuka Rapat Umum Anggota INACA di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Ia mengatakan, dengan semakin meningkatnya konektivitas di Destinasi Wisata “5 Bali Baru” tersebut dapat mendatangkan banyak turis baik mancanegara maupun dalam negeri, sehingga dapat meningkatkan daya saing ekonomi dan pariwisata Indonesia.

“Saat ini penerimaan devisa dari pariwisata berada di nomor 2. Kedepan devisa dari pariwisata menjadi nomor 1. Pemerintah akan mengeluarkan banyak biaya untuk membangun infrastruktur yang ada di kelima daerah tersebut dan saya harap INACA dapat mendukung pelayanan transportasi udara,” ujar Menhub.

Lebih lanjut, Menhub mengapresiasi kinerja anggota INACA terkait peningkatan ketepatan waktu operasional penerbangan atau biasa disebut On Time Performance (OTP). Ia mengungkapkan, memasuki bulan September 2019 yang lalu telah mencapai 84,32 persen. Angka tersebut lebih baik dari total OTP tahun lalu yang mencapai 78,6 persen.

Kemudian, Menhub mengatakan akan mendukung INACA untuk menjadikan industri penerbangan nasional menjadi lebih baik. Menhub juga berpesan agar aspek keselamatan dan keamanan harus tetap menjadi prioritas yang pertama yang harus diperhatikan, selain tentunya aspek pelayanan.

“Kami sebagai regulator akan memberikan dukungan kepada INACA. Seperti kita tahu industri penerbangan adalah industri yang kompleks, banyak dengan regulasi, banyak tekanan harga avtur, leasing yang mahal yang membuat maskapai tertekan. Untuk itu, kita bersama-sama mencari upaya jalan keluar agar di satu sisi dunia aviasi menjadi lebih baik, dan di satu sisi konektivitas dapat hadir dengan baik di negara kita,” ungkap Menhub.

Menhub berharap, seluruh industri penerbangan yang tergabung dalam INACA dapat terus memberikan kontribusi positif. Menhub juga mengharapkan INACA dapat terus meningkatkan komunikasi publik yang lebih baik kepada masyarakat untuk menginformasikan perkembangan dan kinerja positif industri penerbangan nasional serta dapat memberikan klarifikasi dan pemahaman yang jelas jika ada masalah yang timbul.

Sementara itu Ketua Umum INACA Ari Askhara dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Menhub Budi Karya Sumadi yang kembali dipercaya untuk melanjutkan tugasnya pada Kabinet Indonesia Maju. Ia mengatakan, INACA akan terus berkomitmen meningkatkan kinerja industri penerbangan nasional dan ia berharap dukungan Pemerintah untuk mewujudkan hal itu.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Perhubungan Udara Polana Pramesti, Ketua Umum INACA Ari Askhara, Pengamat Penerbangan Chappy Hakim, perwakilan dari Boeing dan Airbus dan segenap stakeholder industri penerbangan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.