Malam Akhir Ramadan di Sunan Ampel

Yovie Wicaksono - 1 May 2022
Suasana di Kawasan wisata religi Sunan Ampel, Sabtu (30/4/2022). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Kawasan wisata religi Sunan Ampel di Kecamatan Semampir Surabaya, masih dipadati pengunjung hingga H-2 Lebaran, Sabtu (30/4/2022) malam.

Mulai dari area parkir, pintu masuk, area masjid, makam dan pusat perbelanjaan dipenuhi para pengunjung dari berbagai daerah.

Salah satu pengunjung asal Waru, Sidoarjo, Muhammad Razaq mengatakan di setiap malam ganjil Ramadan pasti melakukan salat tarawih dan i’tikaf di Masjid Agung Sunan Ampel.

“Kalau tarawih di tempat lain biasanya 10 hari terakhir Ramadan itu kan sudah sepi, tapi kalau disini justru makin ramai, suasana Ramadan jadi lebih terasa. Sunan Ampel ini kan pemimpin para wali di tanah Jawa, jadi memang sengaja memilih datang kesini,” ujar Razaq.

Seperti diketahui, Masjid yang didirikan pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel (Raden Mohammad Ali Rahmatullah), salah satu dari Wali Songo ini selalu dipadati pengunjung pada malam ganjil akhir Ramadan yakni pada tanggal 21, 23, 25, 27, dan 29 Ramadan. Dimana jumlah pengunjung meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa, yakni bisa mencapai hingga 2.000 orang. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.