Mahfud MD Tegaskan Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Era Kepemimpinan Jokowi

Yovie Wicaksono - 27 December 2019
Menko Polhukam Mahfud MD dalam acara Refleksi Akhir Tahun Bersama Para Wartawan di Jakarta, Kamis (26/12/2019). Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, tidak ada pelanggaran HAM berat di jaman pemerintahan Presiden Joko Widodo. Namun ada kesimpangsiuran pemberitaan yang beredar di masyarakat.

“Salah jika berita mengatakan bahwa ‘Kata Bapak tidak ada pelanggaran HAM di jaman Pak Jokowi’. Banyak pelanggaran HAM. Teroris itu pelanggaran HAM, pembunuhan itu pelanggaran HAM, perampokan itu pelanggaran HAM,” kata Mahfud di Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Mahfud menjelaskan, sebagaimana yang direkomendasikan oleh Komnas HAM terkait pelanggaran HAM berat, hal tersebut tidak terjadi di jaman Pak Jokowi.

“Saya bilang, kalau menggunakan ukuran pelanggaran yang ditetapkan oleh Komnas HAM tidak ada pelanggaran HAM yang dilakukan,” katanya.

Ia mengatakan, jika pelanggaran HAM itu biasa dikaitkan dengan dilakukan oleh negara secara sengaja, karena pelanggaran HAM berat merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh negara yang terencana dan terstruktur.

“Nah pelanggaran HAM itu ada 12, yang tidak ada di jaman Pak Jokowi,” kata Mahfud. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.