Mahfud MD, Sipil Pertama Sebagai Menko Polhukam

Yovie Wicaksono - 23 October 2019
Menko Polhukam Mahfud MD, saat Serah Terima Jabatan dengan Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Rabu (23/10/2019). Uniknya, Mahfud merupakan menteri pertama Menko Polhukam yang berasal dari kalangan sipil.

“Saya tadi malam dapat pesan begini dari pak Hendropriyono, mantan Kepala BIN, “saya sangat bangga adinda Mahfud MD itu orang sipil murni pertama yang menjadi Menko Polhukam dalam sejarah RI. Saya baru tahu tadi malam,” kata Mahfud MD dalam acara serah terima jabatan oleh Menko Polhukam Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta.

Meski demikian, ia bersyukur karena sudah memiliki bekal waktu menjadi Menteri Pertahanan. Ia sendiri mengaku mengagumi sejumlah tokoh dari kalangan militer seperti mantan Panglima ABRI Wiranto, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sudrajat, dan Sarwan Hamid.

“Mereka Jenderal yang pintar-pintar. Gambaran orang di jaman Orba, tentara itu kasar tapi Pak Wiranto itu orangnya pintar ketika beliau Menko, pak SBY juga, pak Sudarajat juga, pak Sarwan Hamid juga, demokratis,” kata Mahfud.

Dikatakan, sertijab ini juga merupakan kali kedua yang dilakukan bersama Wiranto. Ia sendiri pernah menggantikan posisi Wiranto ketika menjadi Menhan.

“Sekarang oleh Tuhan,  saya diminta menggantikan pak Wiranto selama dua kali. Dan saya membenarkan pendapat saya bahwa pak Wiranto bukan orang yang sembarangan, ilmunya banyak, kebijaksanaannya juga banyak,  karirnya maju. Tentu karena bu Wiranto juga yang mendampingi dengan baik,” katanya.

Sebelum dilantik sebagai Menko Polhukam, Mahfud MD terlihat datang ke Istana Negara, Jakarta, pada Senin (21/10/2019). Dihadapan wartawan kala itu, Mahfud menyebut kalau dirinya diminta Presiden Jokowi membantu di bidang politik, hukum, ham dan agama. Ia juga menyatakan kesediaan dan mau menerima tawaran sebagai Menteri di Kabinet Indonesia Maju. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.