Mahasiswa IUP Teknik Informatika ITS Ikuti Double Degree ke Rusia

Yovie Wicaksono - 3 September 2022

SR, Surabaya – Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah sejak lama menjalin kerja sama dengan Tomsk State University (TSU), Rusia. Sehubungan dengan hal tersebut, departemen ini juga telah mengirimkan 11 mahasiswanya dari International Undergraduate Program (IUP) untuk melaksanakan program double degree di TSU, Agustus lalu.

Sekretaris Departemen Teknik Informatika ITS, Ary Mazharuddin Shiddiqi menjelaskan, pemberangkatan ini merupakan bagian dari program IUP yang bertujuan untuk memberikan pengalaman akan eksposur internasional bagi mahasiswanya. Adapun 11 mahasiswa ini akan melanjutkan masa kuliahnya selama dua tahun di universitas yang berperingkat 272 di QS World University Ranking pada 2022.

Nantinya, Ary melanjutkan, mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan gelar sarjana dari ITS dan TSU. Tak hanya itu, mahasiswa juga dapat membangun networking yang akan berguna setelah mereka lulus nantinya. 

“Selama masa perkuliahannya, mahasiswa berkesempatan mengikuti magang di perusahaan tingkat internasional dan bahkan bersaing untuk bekerja di sana,” tuturnya. 

Dosen yang mendapatkan gelar doktornya di University of Western Australia ini mengungkapkan, persiapan dalam pemberangkatan mahasiswa ini sendiri telah dicanangkan sejak dua tahun yang lalu. Mulai dari pengurusan administratif, sosialisasi kepada orang tua, hingga perencanaan hidup selama di Rusia tidak luput dari perhatian departemen yang telah bekerja sama dengan berbagai universitas di dunia ini.

Selain itu, terkait konflik di Rusia, koordinasi juga telah dilakukan dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow, pihak TSU, dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Rusia. 

“Berbagai pihak telah dilibatkan dalam menilai apakah program double degree dapat dilakukan di Tomsk State University ini,” ujarnya.

Lelaki kelahiran Kediri ini berharap, kesebelas mahasiswa tersebut dapat menyerap pengalaman baru selama menjalankan studi di salah satu universitas bergengsi di dunia ini. Tak hanya itu, dengan mencicipi eksposur internasional yang ada, diharapkan para mahasiswa ini pun dapat berdampak bagi pelajar lainnya. 

“Dengan membagikan pengalamannya selama di Rusia tentu dapat memberikan pengetahuan baru bagi pelajar-pelajar lain,” tutupnya penuh harap. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.