Libur Lebaran Jadi Berkah Para Juru Foto di Depan KBS

Yovie Wicaksono - 15 May 2021
Seorang juru foto di area monumen Suro dan Boyo depan Kebun Binatang Surabaya sedang memotret pengunjung, Sabtu (15/3/2021). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Ditengah larangan mudik yang berlangsung sejak 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang, banyak masyarakat yang akhirnya memilih berwisata di dalam kota. Adapun salah satu tempat wisata yang menjadi primadona adalah Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Ramainya pengunjung ini menjadi berkah tersendiri bagi juru foto di area monumen Suro dan Boyo depan Kebun Binatang Surabaya, seperti Joko (46), warga Surabaya.

Pria yang mengaku sebagai salah satu petugas Pekerjaan Umum (PU) di KBS sejak 2001 ini, sudah dari lima tahun lalu memanfaatkan hari libur kerja menjadi juru foto disana.

“Saat libur kerja di KBS saya jadi tukang foto disini, ya kan dari pada nganggur dirumah akhirnya cari tambahan disini,” ujarnya, Sabtu (15/5/2021).

Ia bersyukur libur lebaran kali ini bisa kembali bekerja sebagai juru foto setelah lebaran tahun lalu gigit jari lantaran KBS ditutup sementara dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah lebaran kali ini kita bisa cari uang, karena kalau tahun lalu kan saat lebaran KBS tutup. Tapi kalau dibandingkan sama libur lebaran sebelum ada pandemi ya turun jauh pendapatannya, karena ini kan hanya tamu lokalan saja,” ujarnya.

Joko mengatakan, dalam kondisi normal pada saat libur lebaran, bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp 500-600 ribu per hari. Namun libur lebaran kali ini, dalam satu hari hanya mendapat Rp 250-300 ribu.

“Hari Kamis lebaran pertama kemarin sepi, baru mulai ramainya ya Jumat ini sampai minggu depan nanti. Kan masa libur lebaran biasanya 10 hari,” katanya.

Adapun biaya foto, seharga Rp 10.000 untuk ukuran 6R, kemudian Rp 20.000 untuk ukuran 12R. “Sekali foto kan Rp 10.000 yang ukuran 6R, saya dapat Rp 6.000, lalu Rp 4.000 untuk yang cetak foto. Kalau yang ukuran 12R saya dapat Rp 12.000, yang cetak dapat Rp 8.000,” katanya.

Yudho bersama istri dan kedua anaknya menjadi salah satu pengunjung KBS yang menggunakan jasa Joko untuk mengabadikan momen liburan bersamanya kali ini.

“Ya sebenarnya kalau foto sendiri pakai handphone kan bisa, cuma ini tadi ada yang menawari foto langsung jadi ya sudah sekalian saja untuk kenang-kenangan,” ujar warga Simo Gunung, Surabaya ini.

Ia mengaku memilih berlibur bersama keluarga ke KBS selain lebih dekat dengan rumah, juga karena adanya larangan untuk keluar kota.

“Mau kemana lagi, kan ke luar kota juga gak boleh. Biasanya juga sering ke KBS sih, bahkan dulu sebelum ada corona bisa dua bulan sekali kesini. Karena kan anak saya juga masih kecil-kecil, senang kalau diajak melihat hewan,” tandasnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.