Lebaran, Sampah di Kota Kediri Capai 130 Ton Lebih

Yovie Wicaksono - 15 June 2019
Ilustrasi. Foto : (Istimewa)

SR, Kediri – Intensitas volume sampah di Kediri, Jawa Timur mengalami peningkatan 3 sampai 5 persen pada saat Lebaran kemarin.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pengolahan Sampah DLHKP (Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan) Kota Kediri, Jawa Timur, Ronny Yusianto mengatakan, jika pada hari biasa volume sampah yang masuk mencapai 130 ton per hari,  namun pada saat Lebaran naik tidak begitu signifikan di kisaran 3 sampai 5 persen.

“Ada peningkatan tapi  tidak terlalu signifikan antara 3 sampai 5 persen. Setiap harinya kalau hari biasa volume sampah  mencapai 130 ton. Jika dibandingkan Lebaran tahun lalu juga sama,” ujarnya pada Jumat (13/6/2019).

Dari sekian banyak jenis sampah yang ada, sampah kotoran sisa makanan lebih banyak mendominasi ketimbang sampah lainya. Terutama sampah kotoran sisa makanan dari pemilik usaha makanan dan minuman, seperti restoran, kafe, pedagang kaki lima penjual takjil di jalanan, serta di sejumlah tempat wisata kuliner yang menjadi jujugan bagi para pemudik dari luar daerah.

Agar sampah tidak sampai menumpuk, Rony mengoptimalkan 400 lebih petugas kebersihan DLHKP yang mengurusi permasalahan sampah tiap harinya, agar bekerja lebih efektif guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Disamping itu, DLHKP juga bisa memanfaatkan para kader bank sampah yang berjumlah ratusan tersebar di tiga wilayah kecamatan untuk pemilahan sampah yang bisa di daur ulang bermanfaat untuk dijual kembali.

“Kalau dihitung petugas yang ada di TPA (Tempat Pembuangan Akhir)  dan tukang sapu di jalanan ada sekitar 400 lebih. H-1 mendekati Lebaran mereka tetap bekerja 24 jam. Mereka baru masuk kembali H+2, hanya libur 1 hari,” ujarnya.

Sampah sebanyak 130 ton lebih tersebut kemudian dikirim di TPA seluas 2,5 hektar yang berlokasi di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.