Koperasi Harus Mampu Jadi Pilar Pembanggunan Ekonomi

Yovie Wicaksono - 21 July 2022
Ketua DPRD Jatim, Kusnadi. Foto : (Istimewa)

SR, Kediri – Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi berharap koperasi benar-benar mampu menjadi pilar dalam pembangunan ekonomi nasional Indonesia. Selayaknya amanat dalam UUD 1945, sebagai konstitusi negara.

“Jadi koperasi bukan sesuatu yang tumbuh tiba-tiba. Tapi merupakan suatu kesepakatan dari para pendiri bangsa ini, bahwa sistem perekonomian Indonesia itu dibangun berdasarkan sistem atau kesepakatan atau ketentuan-ketentuan yang didasarkan pada koperasi adalah merupakan pilar bagi pembangunan ekonomi Indonesia,” ujar Kusnadi. Kamis (21/7/2022).

Disebutkan, hanya koperasi, lembaga ekonomi yang berasaskan spirit kekeluargaan dan gotong-royong dalam membangun dirinya. Semata-mata bukan untuk keuntungan perseorangan, namun demi kemaslahatan seluruh anggota yang tergabung didalamnya.

“Dan juga untuk kepentingan-kepentingan yang lebih besar, yaitu kepentingan seluruh rakyat Indonesia,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah menambahkan,  koperasi adalah upaya membentuk masyarakat yang berdaya melalui kerja secara bersama-sama, berlandaskan jiwa solidaritas antara setiap anggotanya.

Keberadaan koperasi di Jawa Timur, selain turut berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat juga harus bisa mengambil peran untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Sebab selama ini, Jawa Timur diakui sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

“Kolaborasi harus terus kita kembangkan. Mari kita terus kembangkan koperasi secara produktif, inovatif, dan kolaboratif dengan dilakukan secara harmonis dan mesra. Agar kegiatan koperasi ke depan dapat terus ditingkatkan,” pungkas Andromeda. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.