Klenteng Pak Kik Bio Jagalan Batasi Pengunjung saat Perayaan Imlek

Yovie Wicaksono - 31 January 2022

SR, Surabaya – Klenteng Pak Kik Bio-Hian Thian Siang Tee yang ada di Jalan Jagalan No.74-76, Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya melakukan beberapa penyesuaian dalam perayaan tahun baru Imlek 2022, mengingat masih adanya pandemi Covid-19. 

Adapun salah satu penyesuaian tersebut adalah penggunaan scan barcode PeduliLindungi, hingga pembatasan jumlah jemaat sekira 30 orang saja.

“Kalau sebelum Corona, kita ada kegiatan untuk bagi-bagi sembako karena hari itu adalah hari persaudaraan. Tahun ini untuk perayaan imlek, Klenteng buka jam 6 pagi, tetap kita protokol kesehatan,” ujar Seksi Pendidikan Pak Kik Bio, Wu Huimeng, Senin (31/1/2022).

Kendati demikian pihaknya tetap bersyukur, karena tahun ini kondisi Surabaya berangsur-angsur membaik. Sehingga masyarakat bisa mulai melakukan ibadah dengan tenang.

“Tahun ini kita sudah banyak yang vaksin, lebih banyak orang yang bantu bersih-bersih. Animonya orang datang untuk ibadah lebih banyak. Jadi di hari persembahyangan kemarin juga lebih banyak,” pungkasnya.

Sebelumnya, sejak sepekan lalu, berbagai persiapan perayaan Imlek telah dilakukan di Klenteng Pak Kik Bio-Hian Thian Siang Tee ini, termasuk upacara Song Shen atau sembahyang untuk mengantarkan roh suci.

“Tanggal 25 Januari ada sembahyangan istilahnya Song Shen. Kita punya kepercayaan bahwa para suci atau dewa itu bertugas, berkewajiban untuk setahun sekali lapor kesana tentang kelakuan manusia, jadi kita antarkan mereka,” ujarnya.

Setelah menggelar Song Shen, barulah patung-patung yang berada di sekira 10 altar diturunkan untuk dibersihkan. Lalu dilanjutkan dengan pembersihan area tempat ibadah, sampai menghias area klenteng dengan lampion.

“Setelah diantarkan, maka kita adakan pembersihan, jadi patung-patung itu dimandikan. Total ada 10 altar yang isinya ada 20 patung lebih,” jelasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.