Khofifah Tinjau Kesiapan Pesantren Tangguh di Jombang

Yovie Wicaksono - 17 June 2020
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Selasa (16/6/2020). Foto : (Istimewa)

SR, Jombang – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi dua pesantren besar di Jombang, yakni Tebuireng dan Bahrul Ulum Tambakberas, untuk melihat kesiapan pusat pendidikan ini dalam menyambut kedatangan santri pasca pemulangan akibat wabah Covid-19 beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah Kiai Abdul Hakim Machfud dan juga Ibu Nyai Machfudhoh menerima kami dan menyampaikan paparan terutama terkait bagaimana penyiapan Pesantren Tebuireng sebagai pesantren yang bersih, sehat dan pesantren yang bisa jaga santri dari kemungkinan penularan Covid-19, ini pesantren tangguh,” kata Khofifah, Selasa (16/6/2020).

Dalam kunjungan kali ini, Khofifah mengajak pesantren untuk berkoordinasi terkait penyelenggaraan pesantren tangguh. Pesantren yang tetap menjadi pusat belajar sekaligus tetap menjaga para santri aman dari penularan Covid-19.

“Koordinasi sangat penting untuk kelancaran proses belajar di pesantren meskipun di tengah Covid-19,” kata Khofifah.

Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas dan Tebuireng saat ini sudah menyiapkan protokol kesehatan menyambut santri di tengah pandemi Covid-19. Mulai dari penyiapan protokol penyediaan lumbung pangan hingga protokol masak-memasak untuk santri yang mengharuskan koki mengenakan face shield dan masker serta bersarung tangan.

“Bentuk koordinasi dengan Forkopimda ini sangat penting agar santri ketika masuk dan mulai belajar di pesantren harus aman dan nyaman dari penularan Covid-19,” ungkap Khofifah.

Sementara Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran mengungkapkan, tidak ada persoalan berapa besar jumlah santri, asal protokol kesehatan dijalankan dengan benar, seperti menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun, memeriksa kesehatan santri dan tetap menjaga jarak.

“Kami lihat dua pondok pesantren Tebuireng dan Bahrul Ulum Tambakberas siap memulai proses belajar karena protokol kesehatan sudah disiapkan,” katanya.

Selain Kapolda,  turut mendampingi gubernur Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah serta Bupati Jombang Mundjidah Wahab. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.