Keindahan Corak Motif “Kalipena”

Yovie Wicaksono - 1 December 2022

SR, Sidoarjo – Beragam corak warna dan motif kain batik shibori hasil karya pelajar SMP Negeri 2 Balongbendo Sidoarjo dipamerkan di Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Kamis (1/12/2022).

Pameran produk dengan tajuk “Senandung Kain Lipat Penuh Warna (Kalipena)” yang dilaksanakan mulai 1-4 Desember 2022, pada 07.00 -15.00 WIB juga menghadirkan beragam kreasi mulai dari slayer rawis, udheng, sarung bantal kursi, tas serut, taplak meja dan tempat tissue, mukenah rayon, hingga masker dengan bahan dasar kain batik shibori.

“Kita namakan Kalipena karena memiliki filosofi bahwa ‘kali’ itu sesuatu yang mengalir dan ‘pena’ itu ide. Jadi Kalipena memiliki makna ide yang selalu mengalir. Karena ini tumbuhnya di sekolah maka kata Kalipena itu cocok,” ujar guru pendamping Ekstra kulikuler Kriya Tekstil SMP Negeri 2 Balongbendo Sidoarjo, Mamik Masfufatin, Kamis (1/12/2022).

Tak hanya sekadar menggelar pameran, SMP Negeri 2 Balongbendo Sidoarjo juga terus melakukan produksi dan inovasi dengan tujuan menggali potensi dan kreasi pelajar sekaligus menumbuhkan jiwa kewirausahaan sebagai bekal kelak dikemudian hari.

Panitia penyelenggara pameran, Sigit Widiyanto menambahkan, Museum Mpu Tantular dipilih sebagai lokasi pameran karena lebih strategis dan bisa lebih dikenal masyarakat.

“Kami berusaha keluar dari kandang untuk pameran ini agar tidak seperti katak dalam tempurung. Karena kalau diadakan di luar sekolah bisa semakin dikenal dan diminati masyarakat umum, sekaligus ini bisa memantik atau menginspirasi seluruh sekolah di Kabupaten Sidoarjo agar terus berprestasi, berkarya, dan berinovasi. Semoga pameran ini memberi manfaat untuk dunia pendidikan,” ujar Sigit.

Pameran ini mendapat apresiasi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Tirto Adi yang turut hadir dalam pembukaan pameran bersama para jajarannya. Dalam kesempatan ini, Tirto pun diajak bersama untuk mempraktikkan pembuatan batik shibori secara langsung dilokasi. (fos/red)

Tags: ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.