Pelaksanaan UTBK Tahap 1 di Unair Berakhir

Yovie Wicaksono - 12 July 2020
Ilustrasi UTBK sebelum adanya pandemi Covid-19. Foto : (Tirto.id)

SR, Surabaya – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahap 1 berakhir pada Sabtu (11/7/2020). Secara keseluruhan, pelaksanaan UTBK tahap 1 di Universitas Airlangga (Unair) berjalan dengan baik.

“Alhamdulilah UTBK tahap 1 berjalan dengan baik. Total ada sebanyak 12.926 siswa yang terdaftar mengikuti UTBK pada pusat UTBK Unair,” ujar Ketua Pusat UTBK Unair, Prof Junaidi Khotib.

Ia mengatakan, peserta ujian yang hadir pada UTBK tahap 1 berjumlah 11.809 siswa, dengan rata-rata kehadiran peserta pada tiap sesi yaitu 91,36 persen. Dari peserta yang hadir, terdapat 1.102 peserta yang tidak membawa hasil rapid test dan melakukan rapid test on the spot di kampus B dan C Unair. Dari jumlah tersebut, sebanyak 88 peserta di antaranya dinyatakan reaktif rapid test.

“Dengan demikan mereka tidak bisa mengikuti ujian tahap 1 dan dilakukan relokasi untuk ujian tahap 2 pada tanggal 20-29 Juli 2020 mendatang. Kepada peserta yang hasil rapid test-nya reaktif, kami harapkan melakukan isolasi mandiri dengan baik. Makan makanan sehat, minum vitamin, dan menjaga istirahat dengan baik. Sehingga pada saatnya ujian nanti mereka dapat mengikuti ujian dengan baik,” harapnya.

Ia mengatakan, tidak hanya peserta onsite yang mempunyai hak untuk melakukan relokasi ujian, peserta yang dinyatakan reaktif rapid test dan positif PCR atau swab test mereka bisa meminta relokasi ujian dengan menghubungi Pusat UTBK UNAIR. 

Sampai Sabtu (11/7/2020), sebanyak 261 peserta sudah terdaftar untuk relokasi ujian untuk tahap 2. Alasan utama peserta meminta relokasi ujian adalah rapid test reaktif (98 persen) dan PCR positif (1 persen), lain-lain 1 persen. 

“Kami harapkan adik-adik semua supaya memerhatikan kepatuhan protokol kesehatan dengan tepat. Untuk menjamin pelaksanaan ujian di UNAIR, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat. Dimana fasilitas ruangan kita jaga supaya ada rasio yang cukup antara kapasitas ruangan dan jumlah peserta,” ujarnya.

“Panitia yang terlibat dalam proses pelaksanaan UTBK harus sehat. Maka dari itu, sebelum pelaksanaan UTBK dilakukan rapid test terlebih dahulu. Begitupun dengan pelaksanaan UTBK tahap 2 yang akan dilakukan pada tanggal 20-29 Juli mendatang. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.