Jurnalis Peduli Corona Buat dan Bagikan Hand Sanitizer pada Masyarakat

Yovie Wicaksono - 19 March 2020
Jurnalis di Kota Kediri melakukan aksi simpatik dengan membagikan ratusan hand sanitizer kepada para pengguna Jalan Raya Ahmad Yani, Kota Kediri, tepatnya di depan hutan kota Joyoboyo, Rabu (18/3/2020). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Ditengah kesibukannya sebagai pekerja lapangan dalam mengungkap fakta peristiwa, puluhan jurnalis di Kota Kediri melakukan aksi simpatik dengan membagikan ratusan hand sanitizer kepada para pengguna Jalan Raya Ahmad Yani, Kota Kediri, tepatnya di depan hutan kota Joyoboyo, Rabu (18/3/2020).

Tidak hanya para pengguna jalan, sejumlah pengunjung yang ada di area hutan kota Joyoboyo juga diberikan hand sanitizer secara cuma-cuma alias gratis.

Koordinator aksi, Hari Tri Warsono mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi membangun  solidaritas oleh sejumlah jurnalis yang biasa melakukan peliputan di wilayah Kota dan Kabupaten Kediri, sekaligus membangun kesadaran diri bahwa penyebaran  virus Corona saat ini bukan hanya bagian dari tanggung jawab pemerintah saja melainkan juga persoalan bersama.

Ia juga menganggap bahwa media memiliki peranan penting serta tanggung jawab besar dalam menyampaikan atau  menyebarkan informasi kepada masyarakat terkait isu tersebut. Oleh sebab itu ia mengimbau kepada para jurnalis agar konteks berita yang disampaikan tidak justru membuat masyarakat semakin cemas.

“Tidak hanya peran dari pemerintah, Corona juga menjadi persoalan teman-teman media. Kenapa? karena teman-teman media memiliki peranan penting, dalam hal menyampaikan informasi kepada masyarakat jangan sampai menjadi panik karena pemberitaan yang keliru,” ujarnya.

Selain itu, ia melanjutkan, karena profesi jurnalis yang kesehariannya selalu bekerja dilapangan dan berhubungan langsung dengan banyak orang sehingga berpotensi tertular virus, maka timbul perasaan dari para jurnalis  untuk melindungi dirinya sendiri dari wabah virus Corona. Selanjutnya para pekerja media ini secara swadaya dan spontanitas melakukan penggalangan dana untuk memproduksi hand sanitizer.

“Memproduksi hand sanitizer dipergunakan sebagai kelengkapan alat liputan di lapangan, dan sisanya kita bagikan ke masyarakat. Yang terpenting adalah kita mengajak dan berkomitmen untuk selalu memberitakan  corona dengan seobjektif mungkin, sesuai kaidah jurnalistik, tidak menyebarkan ketakutan dan kecemasan kepada masyarakat,” tandasnya.

Dari proses produksi tersebut, ada sekitar 200 hand sanitizer yang berhasil dibuat. Selain pembagian hand sanitizer, para jurnalis ini juga mendapatkan edukasi atau pemahaman tentang virus Corona dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri, Fauzan Adima.

Fauzan Adima mengatakan, materi yang diberikan  diantaranya tentang sosialisasi virus Corona, bagaimana penyebarannya, pencegahannya, serta apa yang harus dilakukan para jurnalis saat melakukan peliputan agar terhindar dari virus Corona .

“Apa yang harus dilakukan teman-teman media saat melakukan peliputan, bagaimana caranya agar bisa terhindar dari virus Corona,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, setiap pekerja media diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada Fauzan Adima. Selain mendatangkan Kepala Dinas Kesehatan sebagai pembicara, penggagas acara juga mengundang jurnalis senior yang biasa melakukan peliputan di China. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.