Jenazah Eril Disemayamkan di Ruang Kenegaraan Gedung Pakuan

Yovie Wicaksono - 12 June 2022

SR, Bandung – Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, yakni Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril disemayamkan di Ruang Kenegaraan Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (12/6/2022) malam.

Melansir Antara, peti jenazah Eril dikeluarkan dari ambulans dan digotong oleh anggota TNI, pada 20.00 WIB melalui Pendopo untuk kemudian disemayamkan di Ruang Kenegaraan Gedung Negara Pakuan. 

Tampak kedua orang tua almarhum Eril, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya di ruangan tersebut. Selain itu, sejumlah pejabat dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Tingkat Provinsi Jawa Barat seperti Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum, Kapolda dan Pangdam III Siliwangi tampak hadir di Ruang Kenegaraan Gedung Negara Pakuan.

Terdengar lantunan shalawat dan isak tangis dari warga yang menyaksikan kedatangan peti jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, di Gedung Negara Pakuan.

Iring-iringan rombongan mobil yang membawa peti jenazah berisi jasad Eril tiba di rumah dinas Gubernur Jawa Barat itu pukul 19.48 WIB.

Sejumlah warga yang mayoritas ibu-ibu ini menangis saat menyaksikan mobil jenazah yang membawa Eril tiba di Pendopo Gedung Pakuan.

Lantunan shalawat dan tangis semakin nyaring terdengar saat warga menyaksikan peti jenazah Eril dikeluarkan dari ambulans.

Warga menyaksikan kedatangan jenazah dari sebuah layar televisi berukuran di atas 80 inchi yang disediakan oleh Pemprov Jabar di salah satu sudut Gedung Negara Pakuan. Di depan peti jenazah Eril, juga tampak dipasang sebuah foto almarhum berukuran besar.

Pihak Gedung Pakuan mempersilakan warga memberikan ucapan belasungkawa langsung kepada Gubernur dan istri. Ucapan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama ditujukan untuk keluarga besar Gubernur, perangkat daerah, dan pimpinan daerah. Sedangkan sesi kedua untuk organisasi masyarakat dan warga sipil.

Warga yang ingin berbelasungkawa nampak rela mengantre untuk mendapatkan kesempatan bertemu langsung dengan Gubernur.

Sebelum bertemu langsung, warga diberikan kesempatan menulis ucapan belasungkawa pada secarik kertas kotak warna-warni yang telah disediakan, kemudian ditempel di dinding salah satu ruang pertemuan di Gedung Pakuan. Usai bertakziah, warga yang hadir diberikan setangkai bunga mawar indah dan harum berwarna merah, maupun putih. 

Kakak dari Ridwan Kamil, Erwin Maniruzman mengatakan, proses takziah ini dibantu oleh protokoler Pemprov Jawa Barat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

Kemudian pada pagi hari, jenazah Eril akan dibawa ke tempat pemakaman di Kabupaten Bandung. “Kami ucapkan terima kasih atas perhatian warga selama ini dan maaf jika ada kegiatan yang terganggu,” kata dia.

Seperti diketahui, jenazah Emmeril Khan Mumtadz atau Eril tiba di Bandara Soekarno – Hatta Tangerang Banten, Minggu (12/6/2022) sore setelah melakukan perjalanan selama 17 jam dari Swiss. (*/ant/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.