Jelang Lebaran, Pengajuan Klaim JHT BPJS Katenegakerjaan Meningkat

Yovie Wicaksono - 1 June 2019
Kepala  BPJS Ketenagakerjaan Kediri, Agus Suprihadi . Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kediri mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam menerima pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT).

Kepala  BPJS Ketenagakerjaan Kediri Agus Suprihadi mengatakan, jika pada hari biasa pihaknya biasa melayani pengajuan klaim 25 orang per hari, kini jumlahnya terus bertambah hingga 100 orang per hari.

“Mendekati lebaran ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, terutama pengambilan JHT. Kalau biasanya itu paling banyak 25, kemarin setiap harinya sudah 100 orang yang mengambil jaminan hari tua,” ujarnya,  pada Jumat (31/5/2019).

Banyaknya peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengajukan klaim JHT  ini dikarenakan terdesak faktor kebutuhan, terutama untuk lebaran nantinya.

“Ya karena kebutuhan, sebenarnya kalau tidak diambil pun lebih bermanfaat. Karena bunga di BPJS Ketenagakerjaan itu lebih tinggi dari bunga di bank. Kemudian tidak ada pajak dan tidak ada adminitrasi,” imbuhnya.

Klaim JHT tersebut bisa diajukan dengan ketentuan, peserta harus berhenti bekerja dari perusahaan yang menaunginya  selama ini. “Jika masih aktif bekerja tidak bisa,”  tandasnya.

Sekedar informasi,  jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan cabang Kediri saat ini mencapai 83 ribu orang mencakup sejumlah wilayah Kota maupun Kabupaten. Mereka tercatat sebagai kategori peserta pekerja penerima upah maupun bukan penerima upah. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.