Jangan Panik Jika Mengalami KIPI, Ini Cara Menanganinya

Yovie Wicaksono - 25 August 2021

SR, Surabaya – Pasca vaksinasi, beberapa orang mungkin mengalami efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dengan reaksi yang berbeda-beda. Untuk itu masyarakat diimbau agar jangan panik, karena reaksi efek samping vaksin bersifat sementara dan ringan, namun akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

“Manfaat vaksin jauh lebih besar dibandingkan risikonya, vaksin juga terjamin aman, punya reaksi lokal dan efek sistemik rendah serta imunogenitasnya tinggi, jadi tidak perlu panik ya,” kata Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Prov Jatim, Gito Hartono, Selasa (24/8/2021).

Dikatakannya, jika mengalami KIPI, masyarakat diimbau tetap tenang. Kompres dengan air dingin jika nyeri, bengkak dan kemerahan di area suntikan. Jika demam maka kompres atau mandi air hangat, istirahat dan minum air putih cukup, minum obat bila perlu. Jika masih terjadi KIPI,  laporkan semua reaksi atau keluhan yang dialami kepada petugas kesehatan.

Menurutnya, masing-masing orang berbeda reaksinya, juga kondisi psikis masing-masing juga bisa berpengaruh. 

“Yang jelas vaksin kategori aman. Jadi ya aman. Bila ada yang muncul gejala masih erat kaitannya sama psikis. Semua vaksin memberikan manfaat yang sama. Karena semua vaksin memberikan manfaat yang sama yaitu membangun antibodi tubuh,” ujarnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat yang telah divaksinasi  untuk tetap melindungi diri sendiri dan orang lain dengan cara disiplin protokol kesehatan.

“Kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan demi diri sendiri dan orang lain, hindari kerumunan, jaga jarak, rajin mencuci tangan, dan selalu kenakan masker di luar rumah,” imbaunya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.