Hoaks Data 8 Warga Pasuruan Positif Corona dan Disinformasi Lainnya

Yovie Wicaksono - 6 April 2020
Ilustrasi

SR, Surabaya – Banyak beredar informasi dan berita palsu (hoax) oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab di dunia maya, terlebih terkait dengan virus corona (Covid-19).

Jika tidak berhati-hati dan teliti, seringkali masyarakat mudah termakan hoax tersebut bahkan ikut menyebarkan informasi palsu itu. Adapun beberapa hoax maupun disinformasi yang berhasil kami rangkum diantaranya adalah ;

1. Puluhan Gedung SD Di Ponorogo Dijadikan Tempat Isolasi Pemudik

Penjelasan :

Beredar pesan berantai WhatsApp yang berisi informasi  tentang puluhan gedung SD dari 21 Kecamatan yang akan dijadikan tempat isolasi (karantina) pemudik dari luar kota.

Menanggapi informasi tersebut,  Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Ponorogo, drg Rahayu Kusdarini mengatakan kalau kabar itu tidak benar. Begitu juga Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Ponorogo, Endang Retno Wulandari menegaskan terkait instruksi gedung SD akan dipakai tempat isolasi pemudik itu belum ada.

Menurutnya hal itu bukan kewenangan dinasnya.  Retno menguraikan jika memang ada wacana ruang isolasi. Namun hal itu sebagai langkah antisipasi dan belum diputuskan.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter :

http://republikjatim.com/baca/kabar-puluhan-gedung-sd-di-ponorogo-dijadikan-tempat-isolasi-pemudik-dianggap-dinas-hoax

https://jatimnow.com/baca-25378-kabar-sd-di-ponorogo-jadi-tempat-isolasi-pemudik-lurah-itu-hoaks

 

2. Puluhan Hotel di Bali Dijual Karena Terdampak Pandemi Virus Corona

Penjelasan :

Telah beredar melalui sejumlah media sosial informasi yang menyebutkan bahwa puluhan hotel berbintang di Pulau Dewata dijual karena terdampak pandemi Virus Corona.

Faktanya, Ketua Bali Hotel Association (BHA) I Made Ricky Darmika Putra membantah informasi tersebut. Dia menjelaskan bahwa yang terjadi adalah sebagian besar manajemen menutup sementara operasional hotel dalam rangka melaksanakan himbauan pemerintah terkait pandemi Covid-19.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter :

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4220169/asosiasi-tegaskan-informasi-puluhan-hotel-di-bali-dijual-hoaks?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter

https://daerah.sindonews.com/read/1579645/174/hoaks-kabar-puluhan-hotel-di-bali-dijual-1586099622

https://bali.bisnis.com/read/20200405/538/1222708/beredar-hoaks-puluhan-hotel-di-bali-dijual-dampak-Corona

 

3. Data 8 Warga Pasuruan Positif Corona

Penjelasan :

Beredar informasi Virus Corona di Kabupaten Pasuruan yang menyatakan ada 8 orang positif Covid-19. Di dalam peta tersebut diterangkan ada 8 orang positif terjangkit Virus Corona di Kabupaten Pasuruan. Kemudian ada 24 PDP, 13 ODP dan 16 ODR. Alamat pasien positif juga disebutkan jelas mulai dari RT/RW, dusun, desa hingga kecamatan.

Faktanya, informasi itu dibantah oleh Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya. Ia mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoaks, karna data tersebut disebarkan orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu Anang menegaskan bahwa informasi tersebut selain palsu juga melanggar aturan karena menyebutkan alamat dengan lengkap.

 KATEGORI: HOAKS

Link Counter :

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4965461/beredar-data-8-warga-pasuruan-positif-Corona-satgas-sebut-itu-hoaks/2

 

4. Penangkapan Profesor Harvard Pembuat Virus Covid-19

Penjelasan :

Sebuah Video diklaim berisi konferensi pers Biro Investigasi Amerika Serikat atau FBI mengenai penangkapan seorang profesor dari Universitas Harvard beredar di media sosial. Narasi yang menyertai video itu mengaitkan penangkapan tersebut dengan pembuatan virus Covid-19.

Faktanya, narasi yang mengaitkan penangkapan seorang profesor dari Universitas Harvard, Charles Lieber, dan dua warga negara Cina dengan pembuatan virus Covid-19 adalah narasi yang salah.

Dilansir dari Tempo, ditemukan bahwa video tersebut sama dengan video yang diunggah oleh Channel 8 News NOW Las Vegas pada 29 Januari 2020. Video tersebut berjudul “US Attorney’s Office arrested, charged a Harvard professor for aiding Chinese economic espionage, research theft”.

Menurut Departemen Kehakiman, Charles Lieber dan dua warga negara Cina tersebut, didakwa dalam tiga kasus yang berbeda. Selain itu, tidak ada satu pun dari dakwaan tersebut yang menyinggung tentang keterlibatan ketiganya dalam pembuatan virus (Covid-19).

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/708/fakta-atau-hoaks-benarkah-profesor-harvard-ini-ditangkap-terkait-pembuatan-virus-corona

https://www.covid19.go.id/2020/04/03/salah-terlibat-pembuatan-covid-19-di-china-fbi-menangkap-profesor-harvard/

 

5. Pesan Berantai Bantuan Dana dari Kominfo untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Penjelasan:

Beredar sebuah pesan berantai mengenai informasi yang menyebutkan bahwa sehubungan dengan mewabahnya Virus Covid-19 maka dari itu Kementerian Kominfo akan memberikan bantuan berupa uang sejumlah 2.500.000 Rupiah dengan syarat mengirimkan foto KTP dan Buku Rekening ke sejumlah nomor telepon yang tercantum pada pesan tersebut.

Faktanya pesan berantai yang mencatut nama Kementerian Kominfo tersebut telah dibantah oleh Menteri Kominfo Johnny G Plate bahwa pesan tersebut adalah tidak benar.

Diharapkan masyarakat agar selalu mengkonfirmasi dahulu setiap pesan atau informasi yang diterima mengenai Kementerian Kominfo pada situs resmi yang telah sediakan

KATEGORI: HOAKS

 

6. Foto Gapura Perbatasan Lamongan-Gresik Dibarikade Bambu

Penjelasan :

Beredar sebuah foto yang menampakkan gapura Paduraksa yang ada di perbatasan Lamongan-Gresik ditutup dengan barikade bambu. Faktanya, dilansir dari jatim.tribunnews.com, foto yang beredar tersebut adalah hasil editan.

Kasatlantas Polres Lamongan AKP Danu Anindito Kuncoro Putro memastikan,gambar perbatasan Lamongan – Gresik yang dipasang pagar pembatas berupa bambu di medsos itu hoaks.

Dikatakan pula, hingga saat ini physical distancing yang dilakukan oleh Polres Lamongan hanya ada di 2 jalur jalan, yaitu di Jalan lamongrejo dan Jalan Sukarno-Hatta Lamongan.

KATEGORI: HOAKS

Link Counter :

https://jatim.tribunnews.com/2020/04/04/hoaks-foto-gapura-perbatasan-lamongan-gresik-dibarikade-bambu-kasatlantas-fotonya-hasil-editan

 

7. Pasar Citraland Tutup 10 Hari, Pasar Genteng 7 Hari

Penjelasan :

Telah beredar informasi melalui media sosial Twitter dengan narasi “Pasar Citraland tutup 10 hari, pasar Genteng 7 hari, pasar Kapasan jg tutup mulai besok.. mulai berhemat sisa daging yg ada di freezer. Pasar lain2nya jg mulai tutup loh info dr SS tadi pagi”.

Faktanya, Muhammad Fikser Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya membantah kabar yang menyebutkan pasar-pasar di Surabaya ditutup.

Menurutnya, baik pasar maupun pusat perdagangan lain di Surabaya tidak ditutup, tapi menerapkan standar kesehatan maksimum, seperti yang tertuang di Surat Edaran Wali Kota Surabaya Nomor 360/3324/436.8.4/2020.

KATEGORI: HOAKS

Link Counter :

https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2020/diskominfo-surabaya-bantah-pasar-pasar-di-surabaya-tutup/

https://www.facebook.com/e100ss/photos/a.251684349878/10158936979734879/?type=3&theater

 

8. Foto Anies Marah dan Jokowi Akui Dirinya Jongos Tiongkok

Penjelasan :

Beredar sebuah foto yang memperlihatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang berbincang dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies seolah tampak marah dan menuduh Jokowi sebagai biang kerok Virus Corona  masuk ke Indonesia.

Disebutkan juga Jokowi mengakui bahwa dirinya jongos Tiongkok. Dilansir dari medcom.id, klaim bahwa foto itu memperlihatkan Anies seolah memarahi Jokowi perihal Virus Corona masuk ke Indonesia dan Jokowi mengakui sebagai jongos Tiongkok adalah salah.

Faktanya foto tersebut merupakan karya fotografer Antara, Puspa Perwitasari. Puspa mengabadikan perbincangan Presiden Jokowi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menyerahkan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di Cengkareng, Jakarta Barat pada Rabu 9 Januari 2019.

KATEGORI: HOAKS

Link Counter :

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/akW5GLXN-benarkah-ini-foto-anies-marah-dan-jokowi-akui-dirinya-jongos-tiongkok

https://foto.bisnis.com/view/20190109/876956/jokowi-dan-anies-baswedan-hadiri-penyerahan-sertifikat-tanah/1

 

9. Pendataan Resmi Calon Penerima Kartu Prakerja oleh Kemnaker

Penjelasan :

Beredar informasi melalui sebuah unggahan di media sosial Instagram bahwa Kemnaker akan mendata nama-nama perusahaan yang meliburkan sementara atau melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan nama para karyawan akibat Covid-19. Pengunggah turut membagikan tautan link untuk pengisian data-data calon penerima kartu prakerja.

Kementerian Ketenagakerjaan, melalui akun Instagram resminya @kemnaker telah membantah informasi yang beredar tersebut dan menghimbau agar berhati-hati dengan form online yang mengatasnamakan Kemnaker.

Pendataan resmi untuk calon penerima kartu prakerja bagi pekerja ter-PHK, dirumahkan, dan UMKM akibat dari Covid-19 hanya berasal dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi/Kabupaten/Kota.⁣

KATEGORI: HOAKS

Link Counter :

https://www.instagram.com/p/B-jJ6N0DXXi/?igshid=1tkyl2kw761ah

 

10. Potret Bentuk Virus Covid-19 yang Berhasil Diperbesar Oleh Ilmuwan India

Penjelasan :

Diunggah pada media sosial sebuah potret foto yang diklaim sebagai bentuk dari Virus Covid-19 yang berhasil tertangkap dan diperbesar oleh ilmuwan India, foto tersebut memperlihatkan jabat tangan antara dua orang dan pada tangan tersebut terlihat beberapa organisme kecil yang diklaim sebagai Virus Covid-19.

Faktanya menurut penelusuran Cek Fakta Tempo.co diketahui bahwa potret foto tersebut bukanlah potret dari penampakan Virus Covid-19.

Menurut temuan dari hasil penelusuran potret foto tersebut pertama kali diunggah oleh situs shutterstock.com pada  15 Juni 2015, jauh sebelum Virus Corona muncul pertama kali di Wuhan, Cina pada Desember 2019.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/718/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-bentuk-virus-corona-yang-berhasil-difoto-ilmuwan-india

https://www.shutterstock.com/pl/image-illustration/infectious-diseases-spread-hygiene-symbol-people-286201517?irgwc=1&utm_medium=Affiliate&utm_campaign=TinEye&utm_source=77643&utm_term=

https://tekno.tempo.co/read/1308166/inilah-wajah-virus-corona-covid-19

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.